Rabu, 26 Des 2018 18:39 WIB

12 Ponsel Terbaik 2018 yang Rilis di Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Inilah 12 Ponsel Terbaik 2018. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Inilah 12 Ponsel Terbaik 2018. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Pasar smartphone di Tanah Air begitu semarak tahun ini, dengan puluhan perangkat diluncurkan. Lantas mana saja ponsel terbaik 2018 yang dirilis di Indonesia?

detikINET telah merangkum ponsel-ponsel mana yang punya nilai lebih, sehingga membuatnya unggul berdasarkan sejumlah kriteria. Ada 12 perangkat yang terpilih, berikut daftarnya:

1. Vivo V11 Pro

Ponsel pertama mengusung sensor sidik jari di bawah layar yang masuk Indonesia. Untuk menikmati teknologi baru ini, konsumen tidak perlu merogoh kocek belasan juta. Vivo V11 Pro dilepas seharga Rp 5 juta.

Tapi keunggulannya tidak hanya itu. Layar ponsel ini lega plus mengusung AMOLED jadi makin memanjakan mata. Performanya cukup memuaskan di kelasnya. Berbekal Snapdragon 660 dan RAM 6 GB, Vivo V11 Pro dapat digunakan untuk tugas dasar hingga memainkan game.

Vivo V11 ProVivo V11 Pro Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET



2. Pocophone F1

Spek dan harga membuat Pocophone F1 patut masuk dalam deretan ponsel terbaik 2018. Dibekali porsesor Snapdragon 845 dan RAM 6 GB, smartphone ini dibanderol tak lebih dari Rp 5 juta.

Dengan spek mumpuni, plus harga yang relatif bersahabat, ponsel buatan Xiaomi ini dapat diandalkan untuk bermain game. Meski mengusung layar IPS, layarnya cukup memuaskan mata. Daya tahan baterai Pocophone F1 yang cukup tahan lama menambah keunggulannya.

Pocophone F1Pocophone F1 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


3. Asus Zenfone 5Z

Memadukan spek jempolan, tampilan menawan, dan fitur mantap membuat Zenfone 5Z layak jadi salah satu ponsel terbaik 2018. Ditenagai Snapdragon 845 dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Berpadu dengan AI Boost menghadirkan performa kencang.

Layar 6,2 inch menampilkan gambar dengan cukup baik. Ada NFC, WiFi AC dan fast charging. Fitur kameranya pun lengkap, seperti ZeniMoji, EIS dan Selfie Master yang memungkinkan pengguna melakukan live streaming dengan wajah yang diperhalus. Untuk menikmatik kesemuanya itu, Asus membanderol Zenfone 5Z seharga Rp 6 jutaan.

Zenfone 5ZZenfone 5Z Foto: Phone Arena


4. Honor 10

Honor menjadi salah satu pemain yang cukup agresif tahun ini. Sejumlah ponsel mereka boyong ke Indonesia, salah satu yang terbaik adalah Honor 10.

Tampilan ponsel ini terasa mewah. Tapi bukan itu saja nilai jualnya. Performa, koneksi, baterai, dan kemampuan kameranya membuat Honor 10 layak dimasukkan ke jajaran terbaik tahun ini.

12 Ponsel Terbaik 2018 yang Dirilis di IndonesiaHonor 10. Foto: Muhammad Ridho


5. LG G7+ ThinQ

Mungkin G7+ ThinQ akan menjadi ponsel terakhir LG yang dirilis di Indonesia. Pasalnya menurut kabar, vendor asal Korea Selatan ini memutuskan bakal mundur dari pasar ponsel Tanah Air.

Walau tidak mengusung AMOLED, layar Super Bright Display beresolusi QHD+ cukup memuaskan mata. Berbekal Snapdragon 845, RAM 4 GB dan ROM 64 GB memberikan performa yang cepat untuk mengerjakan berbagai tugas. Kualitas audio yang dimiliki ponsel ini menjadi salah satu terbaik di pasaran.

LG G7+ ThinQLG G7+ ThinQ Foto: detikINET/Adi Fida Rahman


6. iPhone XR

Harganya yang lebih murah dari iPhone XS, membuat iPhone XR dipandang sebelah mata bagi banyak orang. Padahal ponsel ini menyimpan banyak kelebihan.

Tidak menggunakan OLED, tak lantas gambar yang tersaji di layar ponsel ini mengecewakan. Performanya juga baik, baterainya pun tahan cukup lama. Meski menggandalkan satu kamera, hasil jepretannya sangat baik. Buktinya iPhone XR jadi ponsel satu kamera dengan skor terbaik di DxOMark.

iPhone XRiPhone XR Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


7. Samsung Galaxy S9 Plus

Meski secara tampilan tidak jauh berbeda dari pendahulunya, sejatinya Galaxy S9 Plus mengalami banyak peningkatan. Performanya makin kencang, kualitas kameranya pun oke di segala kondisi.

Hal tersebut berkat adanya dual optical image stabilization (OIS), dual pixel dan dua aperture yakni f/1.5 dan f/2.4. Fitur terakhir ini merupakan kali pertama diterapkan pada kamera smartphone.

Samsung Galaxy S9+Samsung Galaxy S9+ Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


8. Asus ROG Phone

Sebagai ponsel yang menyasar kalangan gamer, Asus ROG Phone membawa banyak kelebihan. Mengusung layar AMOLED 6 inch dengan refrash rate hingga 90 Hz dan response time 1ms pixel menjadikan gambar bebas blur.

Dapur pacunya memakai Snapdragon 845 berkecepatan 2,96 GHz berpadu dengan RAM 8 GB. Asus melengkapi sistem pendingin mumpuni sehingga ROG Phone tidak mudah panas. Sejumlah aksesori turut pula dihadirkan guna memanjakan gamer dalam memainkan permainan favoritnya di ponsel ini.

12 Ponsel Terbaik 2018 yang Dirilis di IndonesiaAsus ROG Phone. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET



9. iPhone XS Max

Menawarkan tampilan layar yang lebih lapang, tapi bodinya tidak lebih besar dari iPhone 8 Plus. Mengusung layar OLED yang dinilai sebagai salah satu ponsel terbaik 2018.

Speknya sangat gahar sehingga sulit untuk tidak memasukkannya ke jajaran ponsel terbaik tahun ini. iPhone XS Max diotaki prosesor A12 Bionic dengan pabrikasi 7 nm dan RAM 4 GB, menyuguhkan kinerja super cepat. Kualitas kameranya pun mumpuni tidak saja untuk foto, tapi juga video.

iPhone XS MaxiPhone XS Max Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


10. Huawei Mate 20 Pro

Begitu banyak keunggulan yang ditawarkan ponsel ini. Mate 20 Pro hadir dengan layar curved OLED 6,39 inch dengan resolusi 2K+. Diotaki Kirin 980 dengan pabrikasi 7 nm menawarkan kinerja yang gegas.

Tiga kamera Leica disematkan di bagian belakang Mate 20 Pro. Konfigurasinya 40 MP, 20 MP dan 8 MP. Untuk selfie tersedia kamera depan berukuran 24 MP. Baterai berkapasitas 4.200 mAh disematkan pada ponsel ini, disokong pengisian cepat SuperCharge 40W dan dukungan pengisian wireless. Ponsel ini punya sensor fingerprint di layar.

12 Ponsel Terbaik 2018 yang Dirilis di IndonesiaMate 20 Pro. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


11. Oppo Find X

Di tengah latahnya vendor Android yang mengusung notch seperti iPhone X, Oppo coba melakukan cara inovatif untuk membuat layarnya lapang. Mereka menyembunyikan kamera depan dan belakang di bagian dalam body. Kamera akan muncul di bagian atas ponsel ini ketika hendak digunakan.

Desain Find X cukup elok. Layarnya mengusung AMOLED dan kemampuan kamera turut diunggulkan. Tapi yang paling menarik adalah Find X dibekali teknologi Super VOOC yang dibawa ponsel ini. Pengguna dapat mengisi penuh ponsel hanya kurun waktu 35 menit.

Oppo Find XOppo Find X Foto: detikINET/Adi Fida Rahman




12. Samsung Galaxy Note 9

Sebagai suksesor, Galaxy Note 9 menghadirkan sejumlah peningkatan yang berguna bagi pengguna. Ponsel ini menawarkan layarnya yang ciamik, speaker yang memanjakan telinga dan kemampuan S-Pen.

Kamera ponsel ini menghasilkan jepretan yang oke. Ditambah kapasitas baterai yang besar dan tersedianya opsi storage yang cukup lapang. Menjadikan Galaxy Note 9 sebagai salah satu ponsel terbaik 2018.

Samsung Galaxy Note 9Samsung Galaxy Note 9 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
(afr/krs)