Rabu, 05 Des 2018 12:58 WIB

Samsung Malaysia Ketahuan Pakai Foto DSLR untuk Iklan Ponsel

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Samsung lagi-lagi ketahuan menggunakan foto jepretan DSLR untuk iklan ponselnya. Kali ini yang melakukannya adalah Samsung Malaysia untuk iklan ponsel Galaxy A8 Star.

Aksi Samsung ini ketahuan dari seorang fotografer bernama Dnja Djudjic, yang melihat foto jepretannya digunakan di sebuah iklan Galaxy A8 Star oleh Samsung Malaysia. Foto tersebut dipakai untuk mengiklankan kemampuan portrait mode di ponsel kelas menengah itu.

Perlu diingat, Djudjic bukan mempermasalahkan hak lisensi penggunaan fotonya itu. Karena menurutnya Samsung Malaysia mungkin membeli foto tersebut melalui situs foto EyeEm.

Hal yang dipermasalahkan oleh Djudjic adalah foto tersebut bukan dipotret menggunakan Galaxy A8 Star, melainkan menggunakan kamera DSLR yang tak ia sebutkan mereknya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (5/12/2018).


Samsung Malaysia pun memang tak mengklaim foto tersebut dijepret menggunakan Galaxy A8 Star. Meski demikian, mereka tidak menyebut kalau foto tersebut hanya sebuah foto simulasi, sehingga mengimplikasikan bahwa foto tersebut merupakan jepretan handsetnya.

Tak cuma itu, foto Djudjic itu juga diedit untuk dipakai di laman Galaxy A8 Star di situs Samsung. Subjek foto dipotong dari foreground-nya, dan ditempel ke background lain. Tak ada yang salah memang, namun Djudjic menyebut pengolahan gambar tersebut jelek, dan menyebutnya sebagai 'franken-image'.

Ini bukan pertama kalinya hal semacam ini terjadi. Sebelumnya, Samsung Brasil melakukan hal serupa, tepatnya pada Agustus lalu. Begitu juga dengan Huawei, yang menggunakan foto jepretan DSLR untuk iklan ponsel Nova 3. (asj/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed