Selasa, 27 Nov 2018 12:41 WIB

Samsung vs Huawei: Ponsel Layar Lipat dan Ponsel Layar Bolong

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi smartphone. Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images Ilustrasi smartphone. Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images
Jakarta - Persaingan menjadi yang pertama punya fitur atau desain tertentu, wajar terjadi di industri smartphone. Namun ada rivalitas dua vendor smartphone yang sedang mencolok belakangan ini, yakni Samsung vs Huawei.

Yang menarik, di smartphone terbaru yang akan dirilisnya, Huawei tampak ingin menyalip Samsung. Pola yang terlihat, setelah Samsung merilis bocoran smartphone yang akan dirilisnya, muncul teaser bahwa Huawei sedang menyiapkan ponsel serupa.

Alhasil, berbagai situs dan media teknologi pun menyebut dua nama ini saat membahas smartphone terbaru dari dua merek ini. Yang kentara akhir-akhir ini adalah ponsel lipat dan smartphone dengan desain layar berlubang.




Ponsel lipat Samsung. Ponsel lipat Samsung. Foto: Reuters


Ponsel Layar Lipat


Samsung sudah lebih dulu memperkenalkan calon ponsel layar lipatnya. Namun, perangkat tersebut belum secara resmi dirilis Samsung dan kabarnya baru akan hadir pada Februari atau Maret 2019.

Sementara Huawei, memang belum secara resmi memunculkan ponsel layar lipatnya. Namun perangkat ini disebut-sebut sudah eksis secara fisik dan sedang dijajal di Korea Selatan, sekaligus untuk menguji kemampuan 5G yang juga dibenamkan di ponsel tersebut.

Persaingan ini diprediksi makin seru karena menurut sejumlah laporan yang beredar, bakal ada kesamaan nama dari ponsel layar lipat masing-masing vendor.

Samsung vs Huawei: Ponsel Layar Lipat dan Ponsel Layar BolongTeaser ponsel layar bolong Huawei. Foto: Huawei


Tengah pekan ini muncul laporan bahwa Samsung sedang menjajaki dua calon nama buat ponsel layar lipatnya yakni Galaxy Flex dan Samsung Flex. Para petinggi Samsung sedang membahas kedua nama itu secara khusus, meski tak tertutup pula muncul nama lain.

Sementara itu, informasi lain menyebutkan, Huawei sedang mempertimbangkan empat nama buat ponsel layar lipatnya. Dua di antaranya mirip-mirip yakni Mate F, Mate Flex, Mate Flexi, dan Mate Fold yang masuk dalam pertimbangan.




Ponsel Layar Bolong

Persaingan untuk menjadi yang pertama merilis ponsel layar bolong juga tak kalah seru. Samsung sebelumnya memberikan bocoran ponsel dengan desain layar yang disebutnya sebagai Infinity-O display.

Diprediksi merilis A8s pada Desember, berbagai sumber menyebutkan layar layar ponsel tersebut akan mengusung desain terbaru yang memiliki lubang tersebut.




Belakangan, diketahui bahwa desain tersebut akan digunakan pada Galaxy S10. Calon flagship baru Samsung itu kabarnya baru akan rilis pada Februari 2019, sekaligus menandai periode 10 tahun sejak kelahiran seri Galaxy S generasi pertama.

Secara kebetulan, Huawei baru mempublikasikan sebuah teaser berupa poster yang dipostingnya melalui akun media sosial Weibo. Dalam poster tersebut, Huawei mengabarkan kedatangan smartphone teranyarnya, yang punya layar penuh dan lubang di salah satu sudut atasnya.

Disebutkan dalam poster tersebut, Huawei mengonfirmasi bahwa smartphone dengan layar bolong itu akan dirilis bulan depan di negeri asalnya, China.




Lubang kecil untuk kepentingan kamera selfie ini pun menjadi highlight produknya tersebut. Apakah Huawei memang berusaha menyalip Samsung dalam dua produk ini? Tidak ada yang tahu.

Yang jelas, tetap menarik menantikan ponsel lipat dan ponsel layar bolong versi Samsung vs Huawei saat keduanya sudah dirilis nanti.


(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed