Samsung Bikin Smart TV yang Dikendalikan oleh Pikiran

Samsung Bikin Smart TV yang Dikendalikan oleh Pikiran

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 11 Nov 2018 14:00 WIB
Prototipe dari Smart TV milik Samsung yang bisa dikendalikan oleh pikiran. Foto: Twitter/sharatibken
Jakarta - Pada acara Samsung Developer Conference di San Francisco, Amerika Serikat, vendor asal Korea Selatan memperkenalkan pionir Smart TV dengan software yang memungkinkannya dikontrol pikiran.

Mungkin terdengar seperti mengada-ada, namun teknologi baru ini akan berdampak positif bagi pengguna difabel, terutama yang mengalami lumpuh.


Samsung menyebutkan, risetnya ini dinamakan Project Pontis. Mereka berharap bisa membantu para pengguna dengan keterbatasan fisik atau gerak untuk mengganti channel televisi dan menyesuaikan volume suara dengan otak mereka.

Dikutip detikINET dari Tech Radar, Minggu (11/11/2018), Samsung memulai Project Pontis sekitar tiga bulan lalu. Ia bekerja sama dengan Center of Neuroprosthetics of the Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL) di Swis.

Bagaimana membuat sebuah televisi bisa dikendalikan pikiran? Dijelaskan Samsung, yang dilakukannya dengan EPFL adalah mengumpulkan sampel bagaimana otak berperilaku ketika seorang pengguna ingin melakukan sesuatu, misalnya memilih program di televisi.

Ketika data cara kerja otak cukup, baru kemudian sistem tersebut bisa digunakan sebagai model. Selanjutnya, dikombinasikan dengan machine learning, jadilah software yang bisa bereaksi pada berbagai perilaku otak, dalam hal ini mengontrol software di dalam televisi.


Dipamerkan pada Samsung Developer Conference, prototipe ini memerlukan pengguna memakai headset yang di dalamnya dibenamkan 64 sensor. Fungsinya adalah untuk melacak pergerakan mata dan otak si pengguna.

Bagaimanapun, teknologi ini masih dalam tahap awal. Belum ada informasi kapan teknologi ini tersedia secara komersil dan bisa digunakan. (rns/mon)