Kamis, 11 Okt 2018 13:01 WIB

Bapak Android Garap Smartphone AI yang Bagaikan Asisten Pribadi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Lewat Essential, Andy Rubin dilaporkan sedang menggarap ponsel berbasis kecerdasan buatan (Foto: Brian Ach/Getty Images for Wired) Lewat Essential, Andy Rubin dilaporkan sedang menggarap ponsel berbasis kecerdasan buatan (Foto: Brian Ach/Getty Images for Wired)
Jakarta - Andy Rubin, bapak Android, sedang menggarap smartphone baru di Essential. Berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), ponsel ini bisa jadi "asisten pribadi" penggunanya.

Seperti dilaporkan Bloomberg, yang dikutip detikINET, Kamis (11/10/2018), smartphone dengan AI ini di antaranya akan berusaha mengimitasi kebiasaan pengguna dan kemudian merespons otomatis adanya pesan-pesan yang masuk, dengan klasifikasinya masing-masing.
Selain itu ponsel AI tersebut juga dapat membuat dan mengatur agenda pertemuan atas nama pemiliknya, persis seperti asisten pribadi. Sebagaimana lazimnya telepon seluler, perangkat ini tentu juga dapat dioperasikan untuk menelepon.

Desain ponsel itu nanti tidak seperti lazimnya smartphone yang kita tahu saat ini. Akan ada layar kecil dan pengoperasian oleh pengguna mayoritas bakal dilakukan lewat perintah suara, berkaitan dengan piranti lunak AI dalam perangkat Essential.
Rubin disebut telah lama memimpikan teknologi seperti ini. Ia kali pertama memaparkan visinya tersebut dalam wawancara dengan Bloomberg pada tahun lalu.

"Jika saya bisa sampai di titik di mana smartphone yang Anda pakai merupakan versi virtual dari dirimu, Anda akan dapat menikmati hidup, makan malam, tanpa menyentuh smartphone, dan kalian dapat mempercayai smartphone kalian untuk melakukan berbagai hal atas nama Anda. Saya pikir bisa menyelesaikan sebagian dari perilaku adiktif (ke ponsel)," kata Rubin saat itu.





Tonton juga 'Milenial Lebih Suka Foto Pakai Smartphone, Gimana Nasib Kamera?':

[Gambas:Video 20detik]

(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed