Mengenal Teknologi Kamera iPhone XS dan XS Max

Mengenal Teknologi Kamera iPhone XS dan XS Max

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 13 Sep 2018 14:43 WIB
Mengenal teknologi kamera iPhone XS dan XS Max (Foto: The Verge)
Jakarta - Performa kamera adalah salah satu hal yang ditonjolkan Apple pada duo iPhone XS dan XS Max yang baru diluncurkan. Salah satu fitur unggulannya adalah Smart HDR. Apa itu?

Peningkatan performa kamera di dua iPhone anyar ini bukan cuma dari dari segi hardware, melainkan juga optimalisasi software lewat fitur yang bernama Smart HDR. Fitur ini sebenarnya bukanlah hal baru, karena fitur serupa juga menjadi andalan Google di lini ponsel Pixel.


Smart HDR yang dipakai di duo iPhone anyar ini bekerja dengan mengambil empat foto secara konstan setiap aplikasi kamera dibuka, yang membuatnya terasa sangat cepat saat pengguna menekan tombol shutter, alias zero lag.

Lalu fitur ini juga memotret sejumlah foto secara bersamaan ketika memotret. Foto-foto tersebut diambil dengan pengaturan yang berbeda, baik exposure, white balance, dan lainnya. Lalu foto tersebut diambil bagian-bagian terbaiknya dan digabungkan untuk menghasilkan foto yang terbaik.

Hal ini sedikit berbeda dengan yang dilakukan Google, yaitu memotret sejumlah foto sekaligus dalam kondisi underexpose dan menggabungkan foto-foto tersebut, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (13/9/2018).

Namun dua iPhone baru ini punya sebuah fitur yang tak dimiliki Pixel, yaitu kemampuan mengatur depth of field foto setelah foto tersebut diambil. Pengaturan depth of field ini maksudnya adalah mengatur seberapa dalam bokeh yang muncul dalam foto yang sudah diambil.

Ini pun sebenarnya bukan fitur baru. Banyak ponsel Android yang sudah menerapkan fitur ini pada kamera di ponsel bikinannya. Contohnya Samsung yang sudah membenamkan fitur sejenis sejak Galaxy Note 8 diluncurkan.


Soal spek, dua kamera belakang di iPhone XS dan XS Max masing-masing menggunakan sensor 12 megapixel dan dilengkapi optical image stabilization. Pada kamera dengan lensa wide, sensornya punya ukuran pixel sebesar 1,4 mikron, bukaan lensa f/1,8 dan mempunyai 6 elemen lensa.

Sementara kamera dengan lensa telenya mempunyai bukaan f/2,4, enam elemen lensa, serta 2x zoom optik. Untuk melengkapi kedua kamera ini, Apple membenamkan True Tone flash yang disebut mempunyai sistem pendeteksi kedip.


(asj/krs)