Kamis, 30 Agu 2018 09:20 WIB

Mobil Otonom Google Dibenci Masyarakat Lokal

Virgina Maulita Putri - detikInet
Mobil otonom Google. Foto: Google Mobil otonom Google. Foto: Google
Jakarta - Perusahaan induk Google, Alphabet sudah lebih dari setahun menguji coba mobil otonomnya di kota Chandler, Amerika Serikat. Tapi siapa sangka kehadiran mobil tanpa supir ini tidak disambut baik oleh masyarakat setempat.

Belasan penduduk lokal yang tinggal dan bekerja dekat kantor Waymo, anak perusahaan Alphabet yang mengembangkan mobil otonom, mengatakan bahwa mereka membenci kehadiran kendaraan tersebut.



Seperti dilansir detikINET dari CNBC, Kamis (30/8/2018), mobil tersebut dilaporkan kesulitan melewati pertigaan. Seorang warga mengatakan bahwa ia hampir menabrak salah satu minivan milik Waymo karena mobil tersebut tiba-tiba berhenti saat ingin melakukan belok kanan.

Warga lainnya mengatakan bahwa ia sangat jengkel dan tidak sabar menunggu mobil tersebut untuk melintasi persimpangan. Dia sampai berkendara mengelilingi mobil tersebut.

Waymo sendiri dilihat sebagai perusahaan pengembang mobil otonom yang pencapaiannya sudah paling jauh. Tetapi, dilaporkan bahwa pengemudi harus mengambil kontrol langsung secara reguler.



Juru bicara Waymo sendiri menolak memberikan komentar terhadap keluhan penduduk Chandler. Tetapi mereka mengatakan bahwa mobil otonomnya terus belajar dan mereka memprioritaskan keamanan saat uji coba.

Mobil otonom milik Waymo sendiri pernah terlibat kecelakaan di jalanan kota Chandler. Pada insiden di bulan Mei 2018, minivan milik Waymo yang berada dalam mode otonom ditabrak oleh mobil lainnya. (afr/afr)