Senin, 06 Agu 2018 10:38 WIB

Google Mau Jualan Cloud di China

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Banyak perusahaan teknologi berlomba berjualan di China, meski prosesnya panjang dan sulit. Salah satunya adalah Google.

Google kabarnya sedang mencari partner kerja sama dengan penyedia layanan cloud besar di China dan juga penyedia layanan server. Hal ini mereka lakukan karena ingin menyediakan layanan Google Drive dan Docs di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Pencarian partner lokal ini bertujuan agar Google bisa menjalankan layanannya melalui data center dan server yang berlokasi di China. Hal serupa dilakukan Apple ketika menjalankan bisnis iCloudnya di negara yang sama.



Proses pencarian rekan kerja sama itu disebut sudah mengerucut ke beberapa nama perusahaan, antara lain Tencent dan Inspur Group. Sayangnya, belum jelas apakah kerja sama ini bisa terwujud, terutama karena tensi perdagangan antara Amerika Serikat dan China yang belakangan meningkat.



Sekadar informasi, Google biasanya menjalankan layanan berbasis cloudnya melalui data center milik mereka. Namun pemerintah China mewajibkan semua informasi digital yang ada di negara mereka disimpan di server yang juga berlokasi di China.

Dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (4/8/2018), hal ini memaksa para perusahaan teknologi AS untuk bekerja sama dengan perusahaan lokal.




Tonton juga 'Google Rilis Aplikasi Pengukuran Berbasis AR':

[Gambas:Video 20detik]



Google Mau Jualan Cloud di China
(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed