Kamis, 19 Jul 2018 14:04 WIB

Laporan dari Moskow

Si Cantik Vivo Nex, Kapan Masuk ke Indonesia?

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET
Jakarta - Vivo sejatinya punya smartphone jagoan terbaru yang bisa menggebrak pasar. Namanya Nex dan turut dipamerkan di ajang Piala Dunia 2018. Apakah ponsel ini akan ikut masuk ke Indonesia?

Pertanyaan itu ikut dilontarkan detikINET saat berbincang dengan Edy Kusuma, General Manager for Brand and Activation Vivo Mobile Indonesia, usai partai final Piala Dunia di Moskow, Rusia.

"Vivo Nex baru dipasarkan secara terbatas. Baru di China dan India saja. Di Indonesia masih belum, masih mengurus TKDN," ujarnya tanpa mau menjelaskan secara detail.



Salah satu alasan mengapa ponsel seharga Rp 10 jutaan itu belum ada di Indonesia adalah karena masih belum selesainya urusan dengan TKDN alias tingkat kandungan dalam negeri untuk konten lokal ponsel 4G.

"Untuk Piala Dunia, Vivo di Indonesia memang sedang tidak ada activity campaign product. Di sini kita nonton final Piala Dunia dulu saja, ngomongin kerjaannya nanti saja di Indonesia," lanjut Edy singkat.

Si Cantik Vivo Nex, Kapan Masuk ke Indonesia?Foto: detikINET/ Achmad Rouzni Noor II


Vivo Nex sendiri telah resmi diperkenalkan Juni lalu. Vivo membuatnya dalam tiga versi yakni NEX, NEX S dan NEX A. Ketiga ponsel ini menyuguhkan layar Super AMOLED 6,59 inch dengan resolusi 2.316 x 1.080 pixel. Rasio screen-to-body mencapai 91,24%.

Karena bezel yang begitu tipis, Vivo menempatkan sejumlah sensor di bawah layar, salah satunya fingerprint. Sementara kamera depan disiasati dengan menyembunyikannya ke dalam bodi di bagian atas, dan akan keluar jika akan digunakan.

Kamera depan ini berukuran 8 MP dengan aperture f/2.0. Beralih ke belakang, Vivo menyematkan kamera ganda. Kamera utama dibekali sensor Sony IMX363 dengan ukuran 12 MP dan aperture f/1.8. Sementara kamera keduanya berukuran 5 MP dan aperture f/2.4.



Ponsel ini memiliki fitur Vivo Game Engine yang pembuatannya berkolaborasi dengan Tencent Games. Adanya fitur tersebut diklaim dapat memberikan pengalaman imersif bermain game. Untuk menghadirkan suara yang nendang, Vivo melengkapi ketiga ponselnya dengan fitur 7.1-channel 3D audio dan HiFi V1 System.

Tak kalah menarik, Vivo membekali ponsel barunya dengan asisten digital bernama Jovi. Kehadirannya dapat membantu banyak tugas, seperti membacakan peta, ensiklopedia. berbelanja dan lain-lain. Vivo menjanjikan Jovi akan terus belajar berdasarkan pola pemakaian pengguna.

Bicara jeroannya, Vivo NEX dibekali dapur pacu Snapdragon 845 dan RAM 8 GB. Memori internalnya 128 GB. Spek ini mirip Vivo NEX S, bedanya hanya memori internalnya 256 GB.

Si Cantik Vivo Nex, Kapan Masuk ke Indonesia?Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET


Sementara Vivo NEX A dibekali prosesor Snapdragon 710 dan RAM 6 GB. Memori internalnya berkapasitas 128 GB.

Baik NEX, NEX S dan NEX A, punya baterai berdaya tampung 4.000 mAh. Menjalankan Energy UI dengan teknologi kecerdasan buatan atau AI yang berbasis Android Oreo. Hadir dengan pilihan warna black diamond dan ruby red.

Soal harga, Vivo NEX dijual seharga 4.498 yuan atau sekitar Rp 9,7 juta. Varian tertinggi NEX S dibanderol 4.998 yuan atau sekitar Rp 10,8 juta. Sedangkan versi termurah, NEX S, dijual 3.898 yuan atau sekitar Rp 8,5 juta. Ketiganya mulai bisa dipesan di China. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed