Selasa, 17 Jul 2018 12:10 WIB

GPU Turbo Diklaim Bikin Ponsel Honor Jadi Ngebut

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ponsel Honor 10. Foto: Muhammad Ridho Ponsel Honor 10. Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Honor mengumumkan GPU Turbo tanggal 6 juni 2018, yaitu GPU teknologi pemrosesan akselerasi grafis yang diklaim revolusioner dengan integrasi hardware-software. GPU Turbo diklaim meningkatkan efisiensi pemrosesan grafik ponsel, memberi pengalaman lebih halus dan cepat dalam menjalankan smartphone.

"Kami senang untuk mencapai terobosan teknologi ini, Honor telah berusaha memberikan pengalaman terbaik kepada semua pengguna kami di seluruh dunia," klaim George Zhao, Presiden Honor Global dalam keterangannya.

"Dengan GPU Turbo ini kami yakin bahwa, kami dapat meningkatkan keunggulan di pasar secara signifikan dengan adanya efisiensi pemrosesan grafis secara signifikan dan menawarkan pengalaman menggunakan smartphone yang sempurna," tambah dia.



GPU Turbo adalah teknologi mempercepat pemrosesan grafis dari integrasi hardware-software. Huawei dan Honor mengklaim mencapai terobosan teknologi untuk meningkatkan efisiensi pemrosesan grafis sebesar 60% dan mengurangi konsumsi energi SoC (System on Chip) sebesar 30%.

Selain itu, dengan kemampuan rendering lebih besar, perangkat Honor dapat mencapai kualitas grafis yang dikatakan luar biasa dengan GPU Turbo, meskipun aplikasi game seluler tidak mendukung pencitraan HDR (High Dynamic Range).

Selama sepuluh tahun terakhir, permintaan untuk kemampuan pemrosesan grafis di smartphone telah melonjak, dengan dengan berkembangnya resolusi layar dari VGA ke 1080p dan 4K yang akan segera datang. Game smartphone juga telah didominasi oleh game yang membutuhkan pemerosesan grafis yang cukup tinggi.

Multiplayer online battle arena (MOBA) misalnya, saat ini sangat membutuhkan kemampuan pemrosesan grafis yang baik. Selain itu banyak teknologi canggih dan aplikasi juga menuntut kemampuan pemrosesan grafis tinggi seperti AR (Augmented Reality), VR (Virtual Reality), yang telah jadi semakin populer di smartphone.

GPU untuk platform smartphone pada saat ini selalu menghadapi serangkaian kendala teknis seperti penyimpanan, pembuangan panas, dan konsumsi energi. Faktor-faktor ini membuatnya menantang bagi pengembang smartphone untuk mengatasi lonjakan permintaan untuk pemrosesan grafis seluler. Itulah alasan Huawei dan Honor meluncurkan GPU Turbo.

GPU Turbo disebut Honor meningkatkan kecepatan dan mengoptimalkan pengalaman gaming pengguna secara drastis. Selain itu, GPU dapat mendukung AR dan VR di masa depan dan dapat diterapkan di berbagai sektor termasuk pengajaran virtual, belanja online, dan telemedicine.



GPU Turbo akan diperkenalkan pertama kali ke Honor Play yang diluncurkan tanggal 6 juni 2018 di Beijing. Kemudian secara bertahap di smartphone Honor populer lainnya, seperti Honor 10, Honor View10, Honor 9 Lite, dan Honor 7X. Teknologi ini juga akan dibuka untuk pengguna Honor di seluruh dunia. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed