Kamis, 12 Jul 2018 07:05 WIB

HTC Siap Rilis Ponsel Blockchain Tahun Ini

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: The Verge Foto: The Verge
Jakarta - Pasar ponsel berbasis blockhain yang terbilang masih sepi akan mulai diramaikan oleh HTC.

Seperti diketahui pada pertengahan Mei lalu, HTC mengumumkan bahwa mereka tengah mengerjakan proyek ponsel berbasis blockchain perdananya yang bernama Exodus. Kini, perusahaan asal Taiwan tersebut menjadwalkan smartphone besutannya itu muncul pada akhir tahun ini.

Hal itu diungkapkan oleh Phil Chen, Chief Content Officer HTC. Dia turut mengungkapkan kalau harga dari perangkat tersebut akan diumumkan pada Kuartal III mendatang. Sedikit bocoran, ia mengaku banderolnya akan bersaing dengan Finney, smartphone blockchain pertama di dunia buatan Sirin Labs yang dihargai USD 1.000, atau sekitar Rp 14,3 juta.

"Saya ingin mengatakan bahwa Exodus akan tersedia di mana pun di luar China. Ini bahkan akan lebih sulit dihadirkan di China karena negara ini punya aturan yang berbeda dalam hal apa pun, mulai dari bagaimana Android bekerja di China," ujarnya, sebagaimana detikINET kutip dari The Verge, Kamis (11/7/2018).

HTC Siap Rilis Ponsel Blockchain Tahun IniFoto: Consensus 2018




Meski ia belum bisa mengumbar spesifikasinya, Chen mengatakan bahwa Exodus akan memiliki fitur wallet di dalamnya. Kemudian, dalam jangka panjang, ia berharap dapat menemukan cara yang lebih efisien dalam menambang cryptocurrency di perangkat mobile. HTC pun dijadwalkan dalam merilis laporan resmi terkait hal tersebut tahun ini.

Di samping itu, co-founder dari HTC Vive ini menjelaskan bahwa pihaknya sudah menggandeng CryptoKitties, sebuah video game berbasis blockchain. Dalam permainan ini, pemainnya dapat membeli, memelihara, dan menjual berbagai macam kucing virtual, mirip semacam kegiatan trading pada mata uang digital.

Kerja sama itu diharapkannya dapat memancing para gamer dan orang-orang yang kurang familiar dengan cryptocurrency untuk melirik pada Exodus. Menurutnya, gaming merupakan sektor yang paling mudah dijangkau mada perangkat mobile.



Chen mengaku bahwa proyek ini mendapat perhatian setelah harga Bitcoin melambung tinggi dan hampir menyentuh USD 20.000 pada akhir tahun lalu. Kini, dengan banyaknya penipuan dan pencurian bermodus mata uang virtual, ia menjamin bahwa Exodus akan menjadi perangkat yang ditanami wallet paling aman.

Ponsel berbasis blockchain perdana dari HTC ini pun menjadi senjata berikutnya dalam meningkatkan penjualan. Pada Kuartal I tahun ini, perusahaan yang berkantor pusat di New Taipei City tersebut hanya mengapalkan 630.000 ribu produk. Padahal, pada Kuartal I 2017, mereka bisa mengapalkan lebih dari 2 juta produk. (mon/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed