Rabu, 30 Mei 2018 22:16 WIB

XR1 Jadi Chip Khusus AR/VR dari Qualcomm

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Headset Virtual Reality (VR). Foto: (Dok. Thinstock) Headset Virtual Reality (VR). Foto: (Dok. Thinstock)
Jakarta - Semakin populernya perangkat augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) membuat Qualcomm merasa perlu merilis sebuah chip khusus headset AR/VR, yang mereka beri nama XR1.

Sebelumnya, chip Qualcomm sendiri memang sudah banyak dipakai di perangkat headset AR dan VR, namun chip-chip tersebut tak didedikasikan secara penuh untuk penggunaan AR dan VR, melainkan hanya prosesor ponsel yang dialihfungsikan.

Dengan kehadiran XR1, pembuatan headset AR dan VR entry level disebut bakal lebih murah. Dan perangkat-perangkat tersebut diharapkan akan mulai hadir mulai akhir 2018 ini atau awal 2019 mendatang.

Ke depannya Qualcomm mungkin saja akan menggarap chip lain untuk AR dan VR yang didedikasikan untuk bermain game. Namun XR1 dibuat untuk penggunaan yang lebih sederhana, seperti menonton video atau bermacam pengalaman AR dan VR lain di luar game.

Menurut Qualcomm, Snapdragon 845 masih jadi pilihan yang lebih baik untuk AR dan VR, dalam hal ini tentu untuk penggunaan yang lebih berat. Meski begitu XR1 tetap mampu mendukung penggunaan layar 4K dengan frame rate 60 fps, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (30/5/2018). (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed