Selasa, 24 Apr 2018 21:45 WIB

Laporan dari Seoul

Menilik Kemampuan AI Rumah Pintar LG

Josina - detikInet
Foto: Josina/detikINET Foto: Josina/detikINET
Seoul -
Pada gelaran LG Innofest 2018, LG memamerkan deretan peralatan rumah tangga yang dibekali dengan internet dan teknologi AI atau kecerdasan buatan.

Peralatan rumah tangga pintar ini dibekali dengan teknologi SmartThinQ mulai dari televisi, lemari es, pendigin ruangan hingga speaker. Dengan SmartThinQ mereka bisa dikontrol melalui smartphone.
Namun meski sudah ada teknologi SmartThinQ beberapa diantaranya masih sedikit yang menggunakan teknnologi AI atau kecerdasan buatan atau LG menamainya dengan AI ThnQ. Berikut diantaranya.


Menilik Kemampuan AI Rumah Pintar LGFoto: Josina/detikINET


1. OLED TV W
Televisi ini sudah diperkenalkan pada Innofest tahun lalu. Perangkat yang diklaim setipis koin ini memiliki ketebalan 2,57 mm. Lebar layar televisi nantinya akan diproduksi dengan ukuran 55 inch hingga yang terbesar 77 inch.

Meski memiliki desain yang sama, namun terjadi peningkatan siginifikan pada bagian prosesornya yang menggunakan A9 (Alfa 9).

"Prosesor cerdas A9 memberikan 50% gambar yang jernih dan pengolahan data yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan prosesor A9 penonton akan mendaptkan gambar yang hidup dengan kedalaman tinggi dan membuat mata tercengang," ujar Elysa Chang.

Lalu dengan teknologi AI LG menggunakan platfrom Google Asistant, Chang menjelaskan hanya dengan perintah suara melalui remote control penonton bisa mematikan atau menghidupkan televisi, menurunkan atau manaikan volume suara, mencari tahu film yang terbaru, hingga mengetahui informasi cuaca.

"Dengan teknologi AI ini memberikan pengalaman kepada penonton untuk menikmati channel tv tanpa harus mengganti salurannya," tambah Chang.

Hal menarik lainnya, ketika televisi ini sedang tidak digunakan untuk menonton, maka tampilannya akan berubah dengan gamabar-gambar lukisan jadi seperti seperti sebuah pajangan lukisan di tembok. Sama seperti wallpaper di smartphone.

Menilik Kemampuan AI Rumah Pintar LGFoto: Josina/detikINET


2. Kulkas Insta View Door-in-Door
Sama seperti televisi, kulkas ini juga sudah dipamerkan pada tahun lalu namun kini telah dibekali teknologi asisten suara. Pada kulkas ini, LG membenamkan platfrom dari Amazon Alexa.

Dengan kepintaran yang dimiliki kulkas ini, pengguna bisa memberikan perintah seperti mencarikan informasi resep masakan dan kemudian Alexa akan membacakannya untuk pengguna tanpa harus melihat teks.

Selain itu, ketika pengguna berada di luar rumah, ia bisa diberikan perintah untuk membuatkan es batu. Lalu ada juga fitur Nature Fresh yang dapat mengatur suhu kulkas tetap stabil dan tetap segar.

Kulkas ini juga bisa memberikan tanda pengingat bagi penghuni rumah tentang kapan makanan tersebut akan kadaluarsa, makanan apa saja yang harus dibeli hingga jika pengguna tidak menutup pintu kulkas tidak rapat.

Menilik Kemampuan AI Rumah Pintar LGFoto: Josina/detikINET


3. Robot Cloi
Robot berukuran mini bisa dijadikan sebagai penjaga rumah saat penghuni rumah kosong. Dengan robot ini ia bisa diperintahkan untuk memantau keadaan dalam rumah.

Dengan dibenamkan teknolgi platfom Google Asistant ia bisa diperintahkan untuk memberikan keadaan rumah oleh pengguna lewat smartphone.

Dengan kamera yang dimiliki Cloi ini bisa menjaga rumah tetap terawasi. Cloi juga bisa dihubungkan dengan kamera CCTV agar dapat terpantau semuanya.

Tak hanya itu, Cloi juga bisa diperintah untuk mematikan dan menyalakan ac yang sudah disetting melalui smartphone.

Cloi juga bisa membaca emosi penggunanya jika dalam keadaan sedih atau senang, ia pun akan merespon ketika penggunanya mengelus-elus kepala robot ini.
(rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed