Senin, 23 Apr 2018 08:15 WIB

'Dilarang Pakai Teknologi AS, Ekonomi China Bisa Ambruk'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Smartphone ZTE. Foto: Reuters Smartphone ZTE. Foto: Reuters
Jakarta - Kasus ZTE yang kalang kabut karena dikenai sanksi tidak dapat menggunakan teknologi Amerika Serikat dalam 7 tahun ke depan, menggambarkan bagaimana perusahaan asal China bergantung pada Negeri Paman Sam. Bahkan kasus ini bisa saja mengganggu perekonomian China.

"Pelajaran yang kita ambil adalah semua perusahaan besar China sangat bergantung pada teknologi AS untuk eksistensi mereka," tulis Jean Baptiste, analis di Atherton Research yang dikutip detikINET dari Forbes.

Ia menyebutkan perusahaan seperti ZTE, Huawei, Baidu, Alibaba, Tencent, Xiaomi, Didi termasuk Bank of China, China Telecom dan lainnya mengandalkan teknologi AS.



"Mereka semua, dalam satu dan lain hal soal teknologi, komponen, software dan properti intelektual bergantung pada beberapa perusahaan AS seperti Apple, 3M, AMD, Applied Materials, Cisco, Corning, Google, Intel, Micron, Microsoft, Qualcomm, Seagate atau Western Digital," papar Jean.

Maka menurut Jean, larangan penjualan teknologi AS ke China berpotensi melumpuhkan ekonomi China. "Jika AS memutuskan untuk memperluas larangan ini ke perusahaan China lainnya, bisa saja seluruh ekonomi China ambruk," lanjut Jean.

Itulah yang menyebabkan China berambisi untuk sepenuhnya mandiri meskipun harus menduplikasi teknologi AS. Karena jika kasus yang menimpa ZTE merembet ke perusahaan lain, bisa runyam akibatnya.



Seperti diberitakan, karena menjual barang secara ilegal ke Iran dan Korea Utara serta tidak menghukum pegawai yang terlibat, selama 7 tahun ke depan ZTE dilarang menggunakan teknologi AS yang sangat penting di produk mereka.

Secara rinci, ZTE tak dapat menerima barang atau teknologi dari pemasok chip Qualcomm, Intel dan Micron Technology. Juga komponen optical dari Maynard, Acacia, Oclaro, Lumentum sampai software buatan Microsoft dan Oracle serta kemungkinan sistem operasi Android. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Momen Bukan Muhrim di Game Spider-man

    Momen Bukan Muhrim di Game Spider-man

    Senin, 24 Sep 2018 14:29 WIB
    Game Spider-man sedang memikat para pemilik PS4 di seluruh dunia. Realistisnya game itu dapat apresiasi besar, termasuk ketika memunculkan momen bukan muhrim.
  • photo 10 Ponsel Unik Android

    10 Ponsel Unik Android

    Senin, 24 Sep 2018 12:45 WIB
    Di tengah momen ultah ke-10 Android sebagai sistem operasi komersial, berikut 10 ponsel unik yang tercatat menggunakan OS itu, seperti dirangkum Android Police.
  • Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Senin, 24 Sep 2018 12:41 WIB
    Kecaman Jobs pada Android dan pendirinya diulas dalam buku Fred Vogelstein berjudul 'Dogfight: How Apple And Google Went To War And Started a Revolution'.
  • Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Senin, 24 Sep 2018 12:00 WIB
    Ponsel pertama Android adalah HTC G1 atau sering disebut HTC Dream. Ia diperkenalkan pertama kali pada awal tahun 2008 dan dijual menjelang akhir tahun itu.
  • Selamat Ulang Tahun Android!! 20Detik

    Selamat Ulang Tahun Android!!

    Senin, 24 Sep 2018 11:47 WIB
    Sistem operasi Android memasuki usia ke-10 tahun pada 23 September. Wah, selamat ulang tahun ya sistem operasi besutan Google!
  • Android dari Masa ke Masa

    Android dari Masa ke Masa

    Senin, 24 Sep 2018 11:25 WIB
    Android kini berusia 10 tahun, sejak versi komersial pertamanya diluncurkan pada September 2008. Yuk simak perjalanan berbagai versi Android dari masa ke masa.