BERITA TERBARU
Rabu, 06 Des 2017 23:05 WIB

Laporan dari Hawaii

AMD dan Qualcomm: Dulu Bersaing, Kini Malah Kolaborasi

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Maui, Hawaii - Umumnya, dua vendor yang bikin produk yang sama, akan saling bersaing. Jadi, kecil kemungkinan mereka berkolaborasi satu sama lain.

Tapi nyatanya, hal itu terpatahkan oleh AMD dan Qualcomm. Kedua pabrikan pembuat prosesor ini baru saja menjalin kerja sama.

Memang keduanya tidak membuat prosesor. Namun AMD bakal menggunakan modem besutan Qualcomm di prosesor besutannya.

Dijelaskan Kevin Lensing, Corporate VP & GM, Client Computing AMD, pihaknya telah sukses menghadirkan dapur pacu yang mumpuni untuk perangkat mobile. Mereka menyodorkan prosesor Ryzen dengan GPU Radeon Vega.

Kendati sukses, mereka merasa racikan tersebut dirasa kurang untuk di masa depan. AMD perlu menambahkan fitur yang membuat perangkat mobile terhubung.

Pabrikan chip yang bermarkas di Sunnyvale, California, AS ini kemudian menggandeng Qualcomm. AMD akan menggunakan modem Qualcomm ke dalam reference board. Sehingga memudahkan pihak OEM membuat perangkat dengan prosesor Ryzen dengan modem di dalam notebook.

"Ini akan memungkinkan parner OEM mengekspansi konsep Always Connected PC," kata Kevin di panggung Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2017 di Maui, Hawaii, AS, Selasa (5/12/2017).

Kevin tidak menyebutkan kapan hasil kolaborasi dengan Qualcomm ini akan bisa diterapkan oleh pabrikan komputer. Namun bila membayangkan proses pengembangannya, kemungkinan pertengahan tahun depan baru akan terlihat wujudnya. (jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.