BERITA TERBARU
Kamis, 30 Nov 2017 12:45 WIB

Baterai Baru Samsung Bisa Terisi Penuh Cuma 12 Menit

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ponsel Samsung. Foto: detikINET/Ari Saputra Ponsel Samsung. Foto: detikINET/Ari Saputra
Seoul - Samsung tengah menciptakan sebuah baterai yang dapat terisi penuh hanya dalam waktu 12 menit.

Para peneliti dari Samsung Advanced Institute of Technology (SAIT), yang bekerja sama dengan Samsung SDI dan Seoul National University, sedang mengerjakan proyek mengembangkan prototipe baterai yang diklaim mampu terisi lima kali lebih cepat dari baterai lithium-ion biasa.

Untuk mewujudkannya, mereka menggunakan material unik bernama bola graphene, yang disebut-sebut dapat meningkatkan kapasitas baterai hingga 45%, dan dapat tetap stabil pada suhu hingga 60 derajat Celsius.

Baterai lithium-ion sendiri paling tidak membutuhkan waktu satu jam agar dapat terisi penuh, meskipun dengan teknologi fast charging sekalipun. Nantinya, secara teori, baterai berbahan graphene tersebut dapat memangkas waktu pengisian menjadi hanya 12 menit.

"Penelitian kami memungkinkan produksi masal terhadap material graphene dengan biaya yang terjangkau," kata Son In-hyuk, pimpinan proyek tersebut, seperti dilansir detikINET dari CNBC pada Kamis (30/11/2017).

"Kami terus berkomitmen untuk mengembangkan teknologi baterai di tengah pesatnya permintaan smartphone di pasaran," ia menambahkan.

SAIT sendiri sudah mendaftarkan paten terhadap aplikasi baterai graphene di Amerika Serikat dan Korea Selatan. Namun sepertinya, masih butuh waktu lama sebelum baterai itu diterapkan di produk massal. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.