Senin, 13 Nov 2017 13:28 WIB

Face ID iPhone X Bisa Dijebol, Caranya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Apple mengklaim teknologi Face ID yang dipakai di iPhone X sangat aman, namun teknologi berbasis kecerdasan buatan itu masih bisa dijebol. Bagaimana caranya?

Adalah perusahaan keamanan bernama Bkav yang menciptakan semacam topeng untuk menipu Face ID. Hal itu, menurut Bkav, bisa dicapai karena mereka mengerti cara kerja kecerdasan buatan yang dipakai di Face ID, dan Apple terlalu bergantung pada kecerdasan buatan tersebut.

Topeng itu menggunakan sejumlah bahan berbeda untuk setiap bagiannya. Contohnya silikon dipakai pada bagian hidung, sementara bagian lainnya menggunakan plastik dari 3D printing, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (13/11/2017).

"Topeng ini dibuat dengan mengkombinasikan 3D printing dengan make up dan gambar dua dimensi, di samping itu juga adalah pemrosesan khusus pada bagian pipi dan seputar wajah, di mana ada arena kulit yang besar, untuk menipu AI di Face ID," tulis Ngo Tuan Anh, VP Cyber Security Bkav.

Biaya pembuatan topeng ini adalah USD 150, dan menurut Bkav dengan kemampuannya, topeng ini bisa saja dipakai untuk mencuri rahasia personal dari pemimpin politik, bos perusahaan besar dan miliuner.

Kemudian Bkav pun mengkritik Apple karena mereka menggunakan metode pengenalan wajah untuk keamanan iPhone X. Menurut mereka, dalam biometrik, pemindai sidik jari adalah cara terbaik untuk melindungi ponsel dari orang-orang yang tak berhak.

Face ID adalah solusi Apple untuk keamanan iPhone X karena tak bisa lagi menggunakan sensor sidik jari Touch ID yang biasanya ada pada bagian bawah ponsel. Hal itu terjadi karena Apple menggunakan desain ponsel yang wajahnya dipenuhi layar dengan bezel super tipis yang tebalnya hanya sekitar 4 mm. (asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed