Sabtu, 21 Okt 2017 10:49 WIB

Update Windows 10 Fall Creators Sudah Bisa Dicicipi

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Microsoft resmi merilis Windows 10 Fall Creators Update secara global. Fitur apa saja yang dibawa pembaruan ini?

"Beberapa peningkatan fitur di Windows 10 Fall Creators Update dapat meningkatkan kreativitas. Sehingga dapat menginspirasi kreativitas baru dan memberikan motivasi kepada pengguna untuk berpikir lebih luas dengan kemampuan lebih besar," jelas Lucky Gani, Office Business Group Head Microsoft Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Sabtu (21/10/2017).

Adapun beberapa fitur baru yang dihadirkan Microsoft di Windows 10 Fall Creators Update sebagai berikut:

Update Windows 10 Fall Creators Sudah Bisa DicicipiFoto: Microsoft


Windows Mixed Reality

Menggabungkan dunia nyata dengan dunia digital. Microsoft akan menggabungkan sistem mixed reality yang dapat membantu pengguna untuk merasakan pengalaman yang lebih nyata, bukan hanya pada layar perangkat.

Namun untuk merasakan pengalaman tersebut, kita membutuhkan headset dan perangkat Windows yang kompatibel. Saat ini headet dan pengendali geraknya sudah banyak dibuat oleh para vendor, seperti Acer, Dell, HP dan Lenovo. Sejauh ini harga terendahnya USD 399 atau sekitar Rp 5,4 juta.

Photos


Aplikasi Photos kembali ditambah kemampuannya. Kini pengguna dapat menambahkan filter, teks, efek 3D dan tinta digital ke foto atau klip video. Tidak hanya itu, kita bisa menambahkan soundtrack, tema dan transisi agar karya makin apik.

Mixed Reality Viewer

Pengguna kini bisa melihat objek 3D di kondisi nyata lewat kamera di komputer. Mulailah dengan mengkreasikan sesuatu di Paint 3D dan gunakan Mixed Reality Viewer untuk melihatnya.

My People

Kini mengakses teman yang ada di aplikasi People semakin mudah. Kita bisa mem-pin orang yang paling sering berkomunikasi di taskbar.

Microsoft pun mempermudah sharing konten lewat people dengan men-drag file ke ikon People di taskbar. Selain itu kita pun dapat melihat emoji pada kontak People di taskbar.

Update Windows 10 Fall Creators Sudah Bisa DicicipiFoto: Microsoft


Cortana

Asisten digital Microsoft kini dapat diakses saat layar terkunci. Kita bisa meminta Cortana untuk mematikan, merestart ataupun masuk ke mode sleep.

Microsoft Edge

Kita bisa memberi anotasi pada buku yang diakses lewat Edge. Sekarang pun, kita bisa mem-pin website favorit ke taskbar, mengedit URL dan opsi full screen.

Update Windows 10 Fall Creators Sudah Bisa DicicipiFoto: Microsoft


Microsoft Store

Bukan lagi Windows Store, perusahaan yang berbasis di Redmond ini mengubahnya menjadi Microsoft Store. Digabungkan dengan Xbox, kini toko aplikasi ini makin simpel.

Update Windows 10 Fall Creators Sudah Bisa DicicipiFoto: Microsoft


Security

Untuk lebih melindungi dari serangan ransomware, Microsoft memperkenalkan Windows Defender Exploit Guard yang membantu melindungi file dari aplikasi jahat dan eksploitasi yang tidak diketahui.

Selain itu, Windows Defender Antivirus sekarang memiliki perlindungan khusus, bersama dengan cakupan yang disempurnakan secara default yang dikirimkan langsung melalui layanan perlindungan awan.

Fitur keamanan ini diklaim dapat melindungi dari ransomware yang belakangan kerap menyerang komputer di dunia seperti Cerber, Locky, dan Spora, WannaCry, dan Petya.

Windows Ink

Windows Inking hadir sebagai fitur tinta baru yang dapat digunakan pada dokumen Word, slides PowerPoint, data PDF, dan OneNote, menggunakan pena digital.

Smart Ink mengaplikasikan kecerdasan buatan (AI) agar pengguna dapat menghilangkan kata-kata, melingkarkan kata-kata untuk memilihnya, menggaris bawahi dengan presisi, dan mengubah gambar menjadi suatu bentuk dalam satu sentuhan.

Selain itu, pengguna dapat menambah pengetahuan dan menyelesaikan permasalahan menggunakan Windows Ink dan OneNote secara bersamaan. Caranya adalah dengan menulis rumus matematika lalu OneNote untuk Windows 10 akan menyelesaikan rumus tersebut secara instan.

OneDrive

Microsoft memperkenalkan OneDrive Files on Demand yang memberikan akses ke semua data di cloud tanpa harus mengunduh atau menggunakan tempat penyimpanan di suatu perangkat.

Produktivitas

- Find My Pen, Windows dapat memberi tahu posisi terakhir pena digital, sehingga memudahkan mencari bila hilang.

- PDF, sekarang kita dapat mengisi formulir berbasis PDF dalam Microsoft Edge, menyimpannya dan mencetaknya. Dengan kemampuan anotasi yang diperluas ke PDF, kita dapat memasukkan menyoroti dan menghapus teks.

Saat dokumen PDF muncul miring, kita dapat memutarnya dan bahkan menyesuaikan tata letak file agar mudah dibaca.

Update Windows 10 Fall Creators Sudah Bisa DicicipiFoto: Microsoft


- Converter, Microsoft menambahkan kemampuan konversi uang pada aplikasi Calculator. Menariknya kita bisa menggunakan secara offline.

- Eye Control, Windows makin mudah diakses terutama bagi tunanetra. Eye Control beta memungkinkan pengguna mengoperasikan mouse, keyboard, dan text-to-speech di layar seperti umumnya pengguna biasa. Tapi fitur ini membutuhkan Eye Tracker yang kompatibel.

- Narasi, fitur ini kini mampu mendeskripsikan gambar menggunakan layanan Microsoft Cognitive.

Cara Update ke Windows 10 Fall Creators Update cukup mudah, ini langkah-langkahnya:

Update Windows 10 Fall Creators Sudah Bisa DicicipiFoto: Microsoft


1. Pada tab pencarian, tekan Settings

2. Pilih Update & Security

3. Pilih Windows Update

Update Windows 10 Fall Creators Sudah Bisa DicicipiFoto: Microsoft


4. Tekan Check for Update

5. Download dan instal. (rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed