Rabu, 09 Agu 2017 14:59 WIB

Intel Bikin SSD Berbentuk Penggaris

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Intel Foto: Dok. Intel
Jakarta - Hardisk dan SSD sejak dulu punya bentuk yang standar, baik berukuran 3,5 inch ataupun 2,5 inch. Kemudian muncul standar M.2 yang bentuknya seperti RAM, dan kini Intel mengubah hal tersebut dengan merilis SSD berbentuk penggaris bernama Ruler.

SSD ini bukan ditujukan untuk konsumen biasa, melainkan untuk kelas enterprise alias untuk rak server. Menurut Intel, SSD dengan bentuk penggaris ini didesain untuk mengoptimasi densitas storage, yang kemudian juga mengurangi jumlah daya dan pendinginan yang dibutuhkan.

Intel belum memberikan informasi teknis soal Ruler, terutama soal kapasitas ataupun dimensi SSD ini. Namun yang jelas Intel meyakini kalau bentuk SSD anyar ini bisa meningkatkan jumlah storage-nya secara signifikan.

Menurut Intel, dalam sebuah rak server 1U (rak server terkecil) bisa disimpan SSD sebesar 1 petabyte (1.000 TB). Sebagai perbandingan, hardisk 3,5 inch dengan kapasitas 10 TB membutuhkan rak server 4U, yang jauh lebih besar dan membutuhkan daya dan pendinginan yang lebih besar.

Meski begitu, Intel Ruler mungkin masih membutuhkan waktu lama untuk tersedia bagi konsumen PC biasa. Namun setidaknya sudah ada inovasi untuk komputer kelas enterprise. Demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (9/8/2017). (asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed