Perakit iPhone Ungkap Rencana Besar di AS

ADVERTISEMENT

Perakit iPhone Ungkap Rencana Besar di AS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 27 Jul 2017 14:01 WIB
Pabrik Foxconn. Foto: Getty Images
Jakarta - Foxconn mengungkap rencana besarnya di Amerika Serikat dalam sebuah acara yang dihadiri CEO Terry Gou dan Presiden AS Donald Trump.

Dalam acara yang diadakan di Gedung Putih itu perusahaan perakit iPhone itu mengungkap rencananya untuk membangun fasilitas produksi panel LCD di negara bagian Wisconsin. Mereka akan menggelontorkan dana sebesar USD 10 miliar selama tiga tahun ke depan.

Pabriknya sendiri akan mempunyai luas 20 ribu sqft, dan diperkirakan akan membuka lapangan pekerjaan untuk sekitar 3 ribu orang. Pemerintahan Trump sendiri memprediksi nantinya Foxconn bisa mempekerjakan setidaknya 13 ribu orang, dengan pembangunan fasilitas produksi lain di Illinois, Indiana, dan Michigan.

Panel LCD yang dihasilkan di pabrik itu nantinya akan digunakan oleh Sharp untuk televisi, yang kini dimiliki oleh Hon Hai -- induk perusahaan Foxconn --, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (27/7/2017).

Pasar televisi Sharp sendiri saat ini paling besar berada di AS, jadi masuk akal memang jika Foxconn akhirnya mengekspansi pabriknya ke Negeri Paman Sam tersebut, terutama untuk mengurangi biaya pengiriman.

Pengumuman ini muncul hanya sehari setelah pernyataan Trump soal komitmen Apple dalam membangun pabrik di AS. Menurut Trump, CEO Apple Tim Cook berjanji akan membangun tiga pabrik besar yang indah di AS, meski tak jelas yang dimaksud oleh Trump itu Apple ataukah partnernya seperti Foxconn. (asj/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT