Jumat, 14 Jul 2017 13:46 WIB

Pertama di Dunia, Bioskop Pakai Layar LED

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Samsung Foto: Samsung
Jakarta - Umumnya bioskop menggunakan screen projector untuk memproyeksikan gambar, tapi di salah satu studio Lotte Cinema World Tower, Korea Selatan berbeda. Mereka menggunakan layar LED untuk memutar film yang disebut-sebut pertama di dunia.

Layar tersebut datang dari Samsung Electronics. Mereka sengaja memasang layar LED menjadi layar bioskop untuk menunjukan kebolehan teknologi yang dibuatnya.

"Melalui warna lebih tajam dan lebih realistis dan presentasi yang meningkat, Cinema Screen LED dapat membuat pemirsa merasa seolah-olah mereka adalah bagian dari gambar," klaim HS Kim, Presiden Visual Display Business di Samsung Electronics dalam keterangan resminya yang diterima detikINET, Jumat (14/7/2017).

Samsung memasangkan Cinema LED Screen berukuran 10,3 meter pada studio yang diberi nama Super S itu. Layar tersebut membawa kekuatan visual dari kualitas gambar HDR ke layar lebar dan memperbesar konten dengan resolusi 4K (4.096 x 2.160) dan tingkat kecerahan puncak 146fL. Ini hampir 10 kali lebih besar daripada yang ditawarkan oleh teknologi proyektor standar.

Bioskop Ini Pakai LED Samsung Sebagai LayarnyaFoto: Samsung


Cinema LED Screen memanfaatkan pengaturan nada abu-abu ultra-kontras dan nada rendah untuk menampilkan warna paling terang, warna hitam terdalam dan warna putih paling murni pada rasio kontras yang hampir tak terbatas.

Sementara untuk urusan suara, Samsung melengkapi teater Super S di Lotte Cinema dengan teknologi baru dari JBL oleh Harman. Integrasi ini mampu menghasilkan pengalaman maksimal menyaksikan film di dalamnya.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Samsung untuk mengenalkan teknologi baru berkualitas tinggi kepada industri film di masa depan, dan kami bersemangat," ucap Wonchun Cha, CEO Lotte Cinema.

Sebelum debut komersialnya, Samsung menjalankan Cinema LED Screen melalui serangkaian uji coba industri untuk memvalidasi kinerja dan presentasinya. Pada Mei 2017, Cinema LED Screen diklaim produk pertama yang mencapai pemenuhan dengan standar tinggi teknologi teater Digital Cinema Initiatives (DCI) yang mengakui kemampuan tampilan untuk menampilkan spektrum warna lengkap dengan akurasi tak berubah.

Selain itu, Samsung membuat layar LED Cinema punya fleksibilitas. Sehingga diklaim ideal untuk tempat-tempat yang ingin menggunakan ruang teater untuk acara perusahaan, konser, acara olahraga dan kompetisi gaming. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed