Minggu, 14 Mei 2017 15:04 WIB

Ini Senjata Google Percepat Update Android

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Smartphone Android. Foto: Rengga Sancaya Smartphone Android. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Google punya teknologi anyar yang akan membuat pembaruan sistem operasi Android bisa tersedia lebih cepat. Teknologi tersebut bernama Project Treble.

Treble akan tersedia di Android O, yang akan diumumkan di gelaran Google I/O akhir Mei ini. Dengan Treble, vendor ponsel bisa memperbarui OS ponselnya tanpa perlu membuat banyak perubahan di sisi software.

Pada dasarnya, Google memisahkan software mereka dengan bagian software yang dikerjakan oleh partner pembuat hardware. Bagian yang dikerjakan oleh mitranya itu misalnya adalah software yang membuat Android bisa bekerja dengan chipset terbaru.

Jika nantinya Project Treble sudah berfungsi seperti yang dikatakan Google, pabrikan seperti Samsung dan Motorola bisa mulai menggarap pembaruan software tanpa perlu menunggu software dari partner pembuat chip seperti Qualcomm, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (14/5/2017).

Tak jelas apakah Project Treble ini benar-benar akan mempermudah kerja vendor pembuat ponsel atau tidak. Pasalnya mereka tetap harus memperbarui kode-kode Android itu agar bisa berfungsi dengan fitur-fitur spesifik yang ada di ponsel buatannya.

Namun setidaknya Google sudah memperbaiki salah satu masalah yang memperlambat ketersediaan sistem operasi terbaru di banyak ponsel Android. Dan masalah tersebut sampai saat ini memang masih terjadi, dan belum membaik sejak beberapa tahun belakangan.

Contohnya Android 7.0 Nougat yang sampai saat ini baru dipakai di 7% dari total ponsel Android yang beredar di pasaran. Angka itu masih lebih kecil ketimbang jumlah ponsel dengan OS Jelly Bean, yang umurnya sudah hampir empat tahun. (asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed