BERITA TERBARU
Kamis, 20 Apr 2017 11:59 WIB

Tak Punya Sertifikasi IP68, Kok Mi 6 'Tahan' Air?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Peluncuran Mi 6 Foto: detikINET/Herry SW Peluncuran Mi 6 Foto: detikINET/Herry SW
Jakarta - Xiaomi menyebut Mi 6 sebagai perangkat yang splash proof, atau tahan cipratan air meski mereka menghindari penyebutan kata waterproof. Bagaimana penjelasannya?

Mi 6 adalah ponsel Xiaomi pertama yang tahan air, dan hal ini bisa tercapai karena mereka menambah semacam segel pada jeroan ponsel tersebut agar air tak masuk dan merusak komponen-komponen di dalamnya. Segel ini juga dipasang pada slot SIM card untuk menambah ketahanannya.

Tak Punya Sertifikasi IP68, Kok Mi 6 'Tahan' Air?Foto: Dok. Xiaomi
Meski cuma berani menyebut Mi 6 sebagai perangkat yang splash proof, pada video promosi di situs resminya, Xiaomi memamerkan Mi 6 yang sedang menyala dan disiram air dengan kuantitas cukup banyak. Dan ponsel tersebut masih bisa beroperasi normal, termasuk sensor sidik jarinya.

Tak Punya Sertifikasi IP68, Kok Mi 6 'Tahan' Air?Foto: Dok. Xiaomi
Namun perlu diingat, Mi 6 belum melewati pengujian sertifikasi IP Code, atau standar yang biasa dipakai oleh banyak ponsel yang benar-benar tahan air, seperti Galaxy S8 yang punya sertifikasi IP68, dan bisa direndam di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Mi 6 adalah ponsel dengan layar 5,15 inch 1080p yang menggunakan chipset Snapdragon 835 dengan RAM 6GB LPDDR4x. Storagenya 64 GB dan 128 GB, dengan baterai 3.350 mAh dan sebuah sensor sidik jari pada bagian depan ponsel.

Untuk kamera belakang, Xiaomi menggunakan sistem dual camera pada Mi 6, yang masing-masing punya resolusi 12 megapixel. Kamera pertama punya sensor dengan ukuran pixel 1,25 um dan lensa bukaan f/1,8, sementara kamera kedua punya lensa dengan focal lenght lebih panjang namun dengan ukuran pixel lebih kecil (1 um) dan bukaan lensa lebih kecil, f/2,6.

Kamera dengan lensa normal yang pertama itu juga dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS) 4 axis, yang membuatnya lebih stabil saat dipakai memotret dengan shutter speed lambat.

Mi 6 akan tersedia di China mulai 28 April mendatang dengan harga mulai 2.499 yuan (Rp 4,8 juta) untuk varian 64 GB dan 2,899 yuan untuk varian 128 GB. Lalu ada juga versi terbatas berbahan keramik dan storage 128 GB yang harganya 2,999 yuan.

(asj/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed