Sabtu, 04 Mar 2017 19:35 WIB

Suara Nyinyir di Tengah Kembalinya Nokia 3310

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi
Jakarta - Kembalinya Nokia 3310 dalam versi baru memang disambut hangat banyak kalangan. Namun tentu tidak semua menganggap Nokia 3310 reborn adalah hal yang bagus.

Thomas Ricker dari media teknologi The Verge menilai Nokia 3310 reborn ini bukan benar-benar Nokia sejati. Pasalnya pihak yang menciptakannya bukan Nokia yang dulu merilis Nokia 3310 lawas, melainkan perusahaan HMD Global yang mendapatkan lisensi merek ponsel Nokia.

"3310 yang rilis minggu ini bukan dibuat oleh orang-orang di Salo, Finlandia. Ponsel Nokia tidaklah kembali. Apa yang kembali cuma logo Nokia yang dipasang di barang komoditas sebagai bagian dari strategi lisensi merek," sergahnya.

"Aku benar-benar tidak mengerti nostalgia. Apalagi di bidang elektonik karena teknologi cepat usang. Dan tentu aku takkan terpikat oleh Snake di Nokia 3310 reborn ketika Galaxy Note 8 dan iPhone anyar akan diluncurkan," papar Thomas.

Sedangkan media GSMArena menyayangkan mengapa Nokia 3310 reborn miskin fitur. Padahal perlu diingat bahwa meskipun Nokia 3310 lawas kelihatan begitu jadul untuk ukuran saat ini, di zamannya ponsel ini sudah termasuk canggih.

"Feature phone tidak perlu kualitasnya rendah. Nokia 3310 orisinal itu mahal dan penuh fitur pada zamannya. Sedangkan model baru ini, rasanya sama saja dengan Nokia 222 atau ponsel feature phone Nokia terbaru lainnya," sebut GSMArena.

Namun memang HMD Global sepertinya sengaja mendompleng ketenaran Nokia 3310 dan meluncurkannya kembali untuk menarik perhatian. Amunisi utama mereka tetaplah ponsel Nokia Android yang sudah dirilis beberapa modelnya, yaitu Nokia 6, Nokia 5 dan Nokia 3. (fyk/asj)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed