Jumat, 27 Jan 2017 07:45 WIB

Demi Daydream, Google Gaet Bos VR HTC Vive

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Reuters/Beck Diefenbach Foto: Reuters/Beck Diefenbach
Jakarta - Perusahaan yang menggarap virtual reality (VR) tampaknya sedang giat mencari darah baru untuk timnya, setelah Hugo Barra yang merapat ke Oculus, kini Claude Zellweger, dedengkot HTC Vive yang pindah ke Google untuk menggarap Daydream.

Zellweger di HTC adalah bos dari tim desain HTC Vive, dan punya peran besar dalam mengembangkan desain-desain ponsel HTC. Ia mengumumkan kepindahannya ini melalui akun Twitter pribadinya, @Claudibus. Kicauan Zellweger itu kemudian dikonfirmasi oleh pernyataan resmi dari HTC, yang kemudian memberi selamat atas kepindahannya itu.

HTC sudah terlalu sering ditinggal para orang pentingnya sejak 2014 lalu. Scott Croyle contohnya, yang merupakan bos desain HTC dan memilih untuk keluar dan mendirikan perusahaan pembuat smartphone bernama Nextbit.

Lalu ada Jonah Becker, yang merupakan penerus Croyle di HTC, yang memilih meninggalkan perusahaan asal Taiwan itu untuk bergabung ke Fitbit. Croyle, Becker dan Zellweger adalah tiga serangkai yang berasal dari perusahaan desain bernama One & Co. Ketiganya bergabung ke HTC setelah perusahaannya itu diakuisisi oleh HTC pada 2008.

Pengalaman Zellweger dalam menggarap perangkat VR tentunya tak diragukan lagi, karena Vive sudah menjalani perjalanan panjang sebelum akhirnya menjadi perangkat yang nyaman digunakan oleh konsumen.

Hal itu tentu menjadi modal utama Zellweger untuk bergabung ke Google, di mana ia akan menggarap headset VR Daydream View, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (27/1/2017).

(asj/yud)