Rabu, 10 Agu 2016 16:02 WIB

Siap-siap, Ponsel Android Nokia Segera Tiba

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Internet
Jakarta - Ponsel Android Nokia sedang dipersiapkan untuk meluncur ke pasaran. Kira-kira kapan? Ternyata kabarnya tidak lama lagi, tepatnya menjelang akhir tahun 2016 ini.

Informasi peluncuran dua buah ponsel Android Nokia terkuak di Vietnam. Dikutip detikINET dari Vietnamnet, Rabu (10/8/2016), James Rutherford selaku CEO Mobile Commodities Microsoft Asia Pacific, menyatakan HMD Global berencana merilis dua ponsel Nokia Android di akhir 2016.

HMD Global adalah perusahaan asal Finlandia yang mendapatkan lisensi dari Nokia untuk membuat dan mengedarkan ponsel Android. Sebelumnya seperti diketahui, lisensi itu dipegang oleh Microsoft.

Vietnam kemungkinan akan menjadi salah satu basis produksi bagi ponsel Android Nokia dengan fasilitas pabrik yang dikelola oleh FIH Mobile, anak usaha Foxconn. Vietnam juga dipastikan akan turut kebagian ponsel Android Nokia itu, yang akan didistribusikan perusahaan FPT Trading.

Informasi di atas sesuai dengan berbagai bocoran lain, yang bahkan sudah menyebut spesifikasi. Kedua ponsel Android perdana Nokia itu kabarnya dimodali chip Snapdragon 820. Sayangnya, belum diketahui kapasitas RAM maupun memori internal.

Namun demikian, ponsel Nokia ini bakal punya layar ciamik. Kedua ponsel mengusung layar masing-masing berukuran 5,2 inch dan 5,5 inch. Resolusinya 2K, sehingga gambar akan tersaji kaya warna dan tajam. Sementara kamera utamanya sendiri disebutkan beresolusi 22,6 megapixel.

Soal bodinya, mengikuti tren sekarang, akan mengusung material metal. Tapi yang membuatnya sedikit spesial, kedua ponsel ini bakal membawa sertifikat IP68, artinya tahan debu dan air.

Selain dua buah ponsel Nokia Android yang rilis tahun ini, HMD Global dikabarkan akan menambah dua model lagi. Rencananya akan diluncurkan pada kuartal II tahun 2017.

(fyk/rns)