Kamis, 02 Jun 2016 08:16 WIB

MacBook Pro Anyar Cuma Punya Port USB-C?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Gettyimages - Stephen Lam Foto: Gettyimages - Stephen Lam
Jakarta - Rumor peluncuran MacBook Pro versi anyar semakin kencang setelah muncul bocoran gambar laptop besutan Apple itu.

Dalam gambar tersebut terlihat kalau MacBook Pro hanya mempunyai dua jenis port, yaitu USB-C dan headphone. Namun tak seperti MacBook 12 inch yang cuma punya sebuah port USB-C, MacBook Pro anyar tersebut mempunyai empat buah port USB-C.

Perbedaan lain pada laptop anyar ini adalah hilangnya deretan tombol F1-F12 di keyboard. Di lokasi tombol itu diperkirakan Apple akan membenamkan sebuah panel layar sentuh OLED, untuk menggantikan tombol fisik. Selain itu Apple juga mengubah desain lubang speaker yang terletak di samping keyboard.

Perubahan dari USB-A ke USB-C ini -- jika benar -- akan mempunyai keuntungan dan kerugian. Keuntungannya adalah port ini punya bandwidth yang jauh lebih besar ketimbang port lama, juga bisa digunakan secara bolak-balik.

Namun port USB-C ini saat ini belum cukup populer, sehingga tak banyak aksesoris yang menggunakan jenis port ini. Alhasil pengguna pun akan terjebak dengan berbagai macam converter untuk menggunakan aksesoris-aksesoris lamanya, demikian dikutip detikINET dari Venture Beat, Kamis (2/6/2016). (asj/rou)