3D Touch Batal Muncul di Android N?

3D Touch Batal Muncul di Android N?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 13 Mei 2016 17:05 WIB
Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET
Jakarta - Sejak Apple memperkenalkan fitur 3D Touch, muncul rumor kalau Google pun akan membenamkan fitur sejenis di Android. Namun kabarnya fitur tersebut tak akan muncul di Android N yang meluncur tahun ini.

Penyebabnya adalah fitur tersebut kabarnya belum siap saat Android N versi penuh nantinya diluncurkan. Padahal sebelumnya 3D Touch ala Android tersebut sudah muncul dalam dokumentasi pembaruan kedua Android N versi preview.

Google pun belum berkomentar soal hal ini, namun beberapa hari mendatang perusahaan asal Mountain View, Amerika Serikat, itu akan menggelar konferensi developer Google I/O, di mana diharapkan akan ada penjelasan soal fitur 3D Touch ini.

3D Touch adalah teknologi yang bisa mengenali tingkat kekerasan tekanan pada layar ponsel. Sehingga sistem operasi bisa memberikan feedback yang berbeda sesuai dengan kekerasan tekanan pada layar.

Android secara teknis sudah mendukung fitur sejenis ini sejak Android 2.0 Eclair. Namun implementasinya dari segi hardware tak konsisten, sehingga para developer pun tak pernah memanfaatkan fitur ini.

Alasan lainnya adalah fitur ini menambah kerumitan pada pengembangan aplikasi, namun tak sesuai dengan keuntungan yang didapat dari penggunaannya, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (13/5/2016). (asj/fyk)