Jumat, 06 Mei 2016 08:55 WIB

Galaxy Tab 4 Tanpa Didandani Spek Kinclong?

Yudhianto - detikInet
Ilustrasi (Foto: Internet)
Jakarta - Pasar tablet PC memang menurun, tapi itu tak bikin Samsung meninggalkan pasar tersebut. Malah produsen Korea ini disebut tengah menyiapkan generasi anyar Galaxy Tab.

Tapi jangan berharap spesifikasi tinggi bak ponsel-ponsel kelas atas, karena tablet yang konon akan dinamai Galaxy Tab 4 ini kabarnya hanya akan dibekali spesifikasi yang mencukupi.

Meski begitu juga tak jelek-jelek amat, sebab untuk ukuran kebutuhan komputasi mobile saat ini terbilang sudah sangat memadai.

Sebuah bocoran menyebut Galaxy Tab 4 akan mengusung prosesor octa core dengan kecepatan 1,5 GHz. Sayang belum ketahuan prosesor bikinan siapa yang dipakai, walau tak menutup peluang Samsung pakai prosesor bikinannya sendiri.

Prosesor tersebut disandingkan dengan RAM 2 GB, yang dipadu memori internal berkapasitas 32 GB. Samsung juga tak luput membenamkan kamera utama dan depan, tapi yang namanya tablet kemampuannya cukup dengan 5 MP dan 2 MP.

Dari sini hampir bisa dipastikan kalau Galaxy Tab 4 ini sepertinya menyasar segmen yang luas, atau lebih spesifik kelas menengah. Apalagi meski bentang layarnya mencapai 10,1 inch, resolusinya hanya mentok di angka 1.280 x 800 pixel.

Analis berasumsi alasan Samsung menghadirkan Galaxy Tab 4 yang spesifikasinya biasa saja lantaran pasar tablet yang tak lagi bergairah. Jadi ketimbang merilis tablet berspesifikasi tinggi dengan harga selangit namun minim pembeli, lebih aman meluncurkan tablet yang bisa merangkul banyak kalangan. Di sisi lain, Samsung tetap menunjukkan eksistensinya di ranah tablet dengan meluncurkan Galaxy Tab 4 ini.

Galaxy Tab 4 sendiri kabarnya sudah akan diumumkan dalam waktu dekat. Adapun ajang Computex 2016 yang akan digelar 31 Mei sampai 4 Juni mendatang di Taiwan disebut-sebut akan jadi lokasi kelahirannya. (yud/ash)