Elite x3, Smartphone Bisnis Canggih dari HP

Laporan dari Makau

Elite x3, Smartphone Bisnis Canggih dari HP

Herianto Batubara - detikInet
Jumat, 08 Apr 2016 07:59 WIB
Foto: Herianto Batubara/detikINET
Makau - HP Elite x3. Demikian nama smartphone terbaru besutan Hewlett-Packard Inc yang ditujukan untuk kelas bisnis. Tak hanya punya desain yang elegan, namun smartphone ini juga tangguh.

"Bagaimana jika kamu punya sebuah perangkat yang bisa dimasukkan ke dalam kantong, tetapi kemampuannya seperti notebook?" Kata General Manager and Vice President of Personal System Business HP Asia Pasific and Japan Anneliese Olsen.

Pernyataan itu diungkapkan Olson saat memperkenalkan jajaran laptop dan smartphone terbaru dari HP kepada ratusan jurnalis dari Asia Pasifik termasuk detikINET.

"HP Elite x3 adalah jawabannya. Satu perangkat untuk semua. Ini adalah generasi selanjutnya dari komputasi mobile yang akan memudahkan hidup Anda," sambungnya antusias.

HP Elite x3 dibangun dengan spesifikasi kelas atas dengan sistem operasi Windows 10 Mobile. Tenaga smartphone ini dipasok dari chip prosesor Qualcomm Snapdragon 820 yang dikombinasikan dengan RAM berkapasitas 4 GB.

Kapasitas penyimpanan internal HP Elite x3 sebesar 64 GB. Smartphone ini juga menyediakan slot kartu memori microSD dengan dukungan hingga 200 GB.

Desain HP Elite x3 sendiri terbilang modis meski ditujukan untuk kelas bisnis. Smartphone ini memiliki layar berukuran diagonal 5,96 inchi dengan resolusi 1440 x 2560 piksel yang dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 4.

Olson menyebut HP Elite x3 telah mendukung standar IP67. Artinya, smartphone ini tahan terhadap air dan debu hingga kedalaman 1 meter selama tiga puluh menit. Smartphone ini juga telah lulus uji standar militer MIL-STD 810G.

"Seringkali Anda atau saya menjatuhkan handphone saat berjalan. Mungkin saja handpone masuk ke dalam genangan air. Tapi dengan HP Elite x3 ini, hal itu tidak akan jadi masalah," ujar Olson.

Untuk audio, spiker Bang & Olufsen telah ditanam di HP Elite x3. Kamera utama smartphone ini beresolusi 16 mega piksel full HD yang dilengkapi dengan flash LED.

Seperti yang dijelaskan Olson tadi, HP Elite x3 menjembatani fungsi phablet, laptop dan dekstop ke dalam satu perangkat. Smartphone ini memberikan dukungan terhadap fitur Continuum dengan menghadirkan dua jenis dock, yakni desk dock dan lap dock.

Desk dock menawarkan pengalaman dekstop berfitur lengkap untuk HP Elite x3. Di antaranya adalah display port untuk dukungan monitor eksternal, dua koneksi USB-A dan satu USB-C untuk kontinuitas bisnis dan ethernet kabel untuk dengan mudah berpindah ke meja kerja.

Dengan desk dock ini, HP Elite x3 berdiri secara vertikal sehingga posisinya nyaman dilihat saat penggunanya duduk di meja kerja.

Sedangkan HP lap dock menciptakan pengalaman berlaptop dengan tampilan diagonal HD 12.5 inchi berpanel ultra tipis yang berbobot sekitar 1 kg.

Tidak ada data yang akan tersimpan di lap dock. Semua aplikasi, kata sandi, serta dokumen diatur dan disimpan di HP Elite x3.

Pihak HP sendiri masih belum dapat memastikan mengenai harga resmi HP Elite x3 dan kapan beredar di Indonesia. Namun kemungkinan smartphone ini hadir di Tanah Air sekitar paruh kedua 2016 ini. (bar/rou)