Digores & Dibakar, Bagaimana Nasib Nexus 6P?

Digores & Dibakar, Bagaimana Nasib Nexus 6P?

Muhammad Alief Gunawan - detikInet
Sabtu, 31 Okt 2015 17:00 WIB
(youtube)
Jakarta -

Dari semua seri Nexus, Nexus 6P menjadi seri pertama yang menggunakan bodi berbahan material metal pada rangkanya. Layarnya pun dilapisi pelindung Gorilla Glass 4. Lalu, bagaimana bila smartphone besutan Huawei itu diuji ketangguhannya?

Seorang Youtuber dengan akun JerryRigEverything ingin membuktikan ketangguhan Nexus 6P. Dari semua uji ketangguhan, JerryRigEverything menyiksa Nexus 6P dengan tiga pengujian ekstrim, yakni uji gores, uji bakar, dan uji bengkok.

Layar Nexus 6P dilapisi oleh Gorilla Glass 4, dimana lapisan pelindung tipe ini paling mutakhir yang dirilis oleh Corning. Dalam uji gores, JerryRigEverything menggunakan metode Mohs Scale of Hardness, dimana ia menggunakan berbagai macam mineral untuk menggores kaca.

Dari satu sampai sembilan skala, terlihat bahwa pada goresan mulai terlihat sedikit-sedikit pada skala keenam. Dan ketika goresan ke tujuh hingga ke sembilan, goresan sudah mulai terlihat sangat jelas.

Tak hanya bagian kaca depan, ia pun melakukan uji gores pada cover belakang Nexus 6P, yang lagi-lagi goresan terlihat membekas. Yang lebih mengejutkan lagi, goresan tersebut ternyata mempengaruhi layar menjadi retak.

Pengujian kedua, JerryRigEverything mencoba untuk menyalakan korek api di atas layar. Mengacu dari pengujian yang dilakukan JerryRigEverything sebelumnya pada berbagai jenis smartphone, termasuk iPhone, perangkat bisa selamat dari uji bakar ini.

Bila beberapa layar berubah menjadi hitam bila dibakar, namun untuk Nexus 6P, layar yang terkena api berubah menjadi putih. Noda tersebut pun tak bisa hilang layaknya ponsel-ponsel yang telah ia uji sebelumnya.

Terakhir yang menjadi pengujian adalah uji bengkok. Ya, isu bendgate ini memang telah lama beredar di kalangan pengguna gadget, mulai dari Sony Xperia, hingga iPhone, semuanya mengalami yang namanya isu bendgate. Lalu bagaimana dengan Nexus 6P?

Sayang sekali, JerryRigEverything berhasil membengkokkan perangkat dengan mudah. "The Nexus 6P is a joke!," simpul JerryRigEverything dikutip detikINET dari Ubergizmo, Sabtu (31/10/2015). Tentu itu adalah opininya yang bisa berbeda dari pendapat orang lain.

(fyk/fyk)