Hal yang Dibenci Steve Jobs Tapi Diwujudkan Apple

Hal yang Dibenci Steve Jobs Tapi Diwujudkan Apple

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 11 Sep 2015 15:35 WIB
Peluncuran iPhone perdana oleh Jobs (ist)
Jakarta -

Ada beberapa hal yang dibenci Steve Jobs semasa hidupnya terkait dengan teknologi. Namun kini, beberapa hal yang tidak disukainya itu malah diwujudkan oleh perusahaan yang didirikan dan dibesarkannya, Apple. Apa saja?

Memang zaman sudah berubah dan tuntutan pasar pun berganti sehingga Apple malah membuat hal-hal yang tidak disenangi sang legenda. Dan mungkin saja jika Steve Jobs masih hidup, dia juga akan berubah pikiran. Apapun itu, berikut contoh beberapa hal yang tak disenangi Jobs.

Stylus

Pada tahun 2007, Apple memperkenalkan iPhone generasi pertama. Saat tampil di atas panggung untuk memperkenalkannya, Steve Jobs mengungkapkan ketidaksukaannya pada perangkat stylus.

"Siapa yang butuh stylus? Anda harus mengeluarkan, menyimpannya dan (suatu saat) akan hilang (stylus tersebut-red). Yhaac," ujar Jobs dengan nada meremehkan.

"Tak ada yang mau menggunakan stylus, jadi lebih baik tak usah menggunakan stylus," lanjutnya saat beraksi di panggung untuk memperkenalkan teknologi multi touch di iPhone.

Sebenarnya, gadget Apple bernama Newton yang rilis tahun 1990-an menggunakan stylus. Tapi Jobs memutuskan mematikan perangkat itu. Kini di era kepemimpinan Tim Cook, Apple merilis iPad Pro yang menggunakan stylus meski merupakan aksesori terpisah.

Tablet Ukuran Kecil

Pada Oktober 2010, tablet berbasis Android mulai bermunculan. Beberapa ukurannya lebih kecil dibandingkan iPad. Waktu itu, Jobs meyakini tablet semacam itu tidak akan laku.

Jobs menyatakan kalau layar 10 inch seperti iPad adalah ukuran ideal untuk sebuah tablet. "Ukuran itu adalah persyaratan minimum untuk membuat aplikasi tablet yang hebat," begitu kurang lebih katanya.

Dia juga mengatakan meski layar tablet kecil dibuat lebih jernih, hal itu kurang berguna. Maka semasa hidupnya, hanya ada satu versi iPad yang berukuran 10 inch.

Tapi kembali di masa kepemimpinan Tim Cook, Apple memperkenalkan iPad Mini. Malah iPad Mini menjadi produk tablet terlaris Apple.

Smartphone Ukuran Besar

Pada tahun 2010, Apple diterpa isu antennagate di iPhone 4. Di mana iPhone 4 sering susah mendapat sinyal jika dipegang dalam kondisi tertentu. Nah waktu itu ada wartawan bertanya apakah Apple mempertimbangkan membuat iPhone lebih besar agar antena lebih baik.

Tapi Jobs menolak kemungkinan tersebut. Bahkan ia menjuluki Galaxy S, smartphone andalan Samsung kala itu, sebagai Hummer. Hummer sendiri adalah kendaraan besar roda 4 yang ukurannya gambot.

"Anda tak bisa menjelajahinya dengan tangan. Tidak ada yang akan membelinya," katanya kurang lebih ketika itu.

Kembali hal yang tak disukai Jobs itu diwujudkan Apple di era kepemimpinan Tim Cook. Ukuran iPhone mulai membesar sejak iPhone 5. Dan kembali bertambah saat peluncuran iPhone 6.

(fyk/ash)