Senin, 10 Sep 2012 18:29 WIB

Analis: Kindle Fire Tak Bisa Taklukkan iPad

- detikInet
Kindle Fire HD (Reuters) Kindle Fire HD (Reuters)
Jakarta - Kehadiran komputer tablet dengan harga murah yang dikeluarkan Amazon dipercaya sebagai saingan dari iPad. Meski demikian, beberapa analis ada yang tidak setuju dengan hal ini. Apa alasannya?

"iPad masih akan melanjutkan dominasinya di pasar tablet menengah ke atas," tegas analis dari Topeka Capital markets, Brian White seperti dilansir dari PCWorld, Senin (10/9/2012).

Kalimat tak jauh berbeda datang dari Brian Marshall dari ISI Group. "Produk anyar Amazon memang terlihat impresif, akan tetapi kami percaya Apple akan menjadi vendor/platform yang mendominasi smartphone/tablet".

Ternyata ada beberapa faktor yang menjadi fokus utama di balik pernyataan analis-analis itu. Salah satunya adalah mengenai keberadaan App Store milik Apple yang menawarkan lebih banyak aplikasi dibanding milik Amazon.

Pun juga keberadaan layanan penyimpanan dan sinkronisasi iCloud yang menjadi jagoan dari Apple. Meski Kindle Fire memiliki harga yang lebih miring, namun Apple diyakini juga sudah memiliki 'senjata' tandingan apalagi jika bukan iPad mini yang banyak diantisipasi kedatangannya

"Kami percaya bahwa iPad mini yang bakal dirilis di kisaran harga USD 250-USD 300 atau meraih kesuksesan di market tablet 7.85 inch bahkan berpotensi bisa melampai penjualan iPad berukuran reguler," tambah Brian White dari Topeka Capital Markets.

Para analis ini menyimpulkan bahwa produk Amazon meskipun dijejali dengan hardware yang mumpuni, harga yang menggoda dan ekosistem kontennya yang baik, namun tetap tak bisa menundukkan dominasi iPad.

Kali ini analis di Morr Insights & Strategy, Patrick Moorhead yang berbicara. "Keyakinan bahwa Apple akan merilis tablet di harga yang lebih rendah akan menarik perhatian konsumen. Konsumen memang akan mendapatkan Kindle Fire HD 8.9 inch dengan resolusi 1.920 x 1.200 piksel dengan harga USD 299, namun mereka tak akan mendapatkan brand dan pengalaman Apple".

Di tengah serbuan tablet-tablet baru keluaran berbagai brand, penjualan iPad memang masih merangkak naik. Menurut IDC, iPad mengantongi penjualan tablet sebesar 68% pada kuartal yang berakhir 30 Juni lalu. Angka ini naik hampir 7% dari kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.




(sha/ash)