Rabu, 29 Agu 2012 15:10 WIB

Mampukah Windows 8 Dongkrak Penjualan PC?

- detikInet
Laptop Windows 8 (inet) Laptop Windows 8 (inet)
Jakarta - Berdasarkan data yang dilansir lembaga riset IDC, dari tahun ke tahun penjualan komputer di seluruh dunia terlihat kurang bergairah. Lantas, apakah Windows 8 akan mampu mendongkrak penjualan di tahun mendatang?

Windows 8 memang salah satu sistem operasi yang paling ditunggu. Kehadirannya Oktober 2012 nanti pun diharapkan mampu menarik minat pengguna untuk membeli komputer baru. Namun menurut prediksi analis dari IDC, hal itu belum tentu terjadi.

"Windows akan menghadapi beberapa rintangan awal, utamanya adalah pembeli harus menyesuaikan diri sendiri untuk sebuah sistem operasi yang baru. Ekosistem PC punya tantangan baru untuk mengedukasi pasar," tulis Jay Chou, analis dari IDC.

Jika melihat penjualan PC sejak awal tahun, IDC memperkirakan tahun ini hanya mengalami peningkatan sebanyak 0,9% atau sebanyak 367 juta unit.

Pertumbuhan PC yang amat lambat itu disinyalir karena banyak pengguna yang memilih membelanjakan uanganya untuk membeli gadget, entah itu tablet PC atau smartphone terbaru.

Untungnya, ada platform baru seperti ultrabook yang dipercaya akan memberikan sumbangan besar terhadap penjualan PC di tahun mendatang. Apalagi lambat laun harganya akan semakin terjangkau.

"Faktor-faktor seperti Windows 8 dan ultrabook bisa memberikan dampak positif terhadap penjualan PC di masa depan," tutup Chou, dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (29/8/2012).




(eno/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed