Kamis, 03 Mei 2012 16:34 WIB

Nokia Siapkan Deretan Tablet Windows 8

- detikInet
Ilustrasi (ist) Ilustrasi (ist)
Jakarta - Nokia sudah memastikan untuk memasuki pasar komputer tablet. Meski boleh dibilang terlambat, mereka memastikan akan merilis beberapa macam tablet dan juga perangkat mobile hybrid.

Belum lama ini, produsen ponsel asal Finlandia itu memang sudah mengkonfirmasi sedang mengembangkan tablet PC. Tablet tersebut akan memakai sistem operasi Windows 8 yang rencananya rilis tahun 2012 ini.

"Tablet adalah sesuatu yang penting, dan akan ada beberapa form factor di masa depan," kata chairman Nokia, Jorma Ollila.

Nasib Nokia saat ini sedang buruk. Mereka baru saja dijungkalkan Samsung dari pucuk pimpinan produsen ponsel terbesar di dunia. Penjualan Windows Phone dalam merek Nokia Lumia juga belum sesuai harapan. Harapan baru pun digantungkan ke tablet PC.

"Nasib Nokia di tablet berhubungan langsung pada Microsoft, yang juga harus sukses di pasar ini," kata analis teknologi Hannu Rauhala yang detikINET kutip dari Reuters, Kamis (3/5/2012).

Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings belum lama ini menurunkan pula peringkat utang Nokia menjadi BB+ dari sebelumnya BBB-. Peringkat tersebut masuk kategori junk dan satu tingkat di bawah investment grade.

Janji Nokia untuk meluncurkan produk-produk baru dinilai sebagai upaya untuk menenangkan para investor. Para investor disinyalir mulai kehilangan kesabaran terhadap kondisi Nokia yang belum juga pulih.




(fyk/ash)