Zacate, Jagoan Baru AMD di Ranah Notebook

Zacate, Jagoan Baru AMD di Ranah Notebook

- detikInet
Selasa, 14 Sep 2010 13:17 WIB
Jakarta - Dilengkapi dengan beragam teknologi terkini, prosesor AMD Zacate diklaim memiliki performa yang handal di kelas notebook. Bahkan kemampuan grafisnya dijanjikan 2 kali lebih hebat dibanding Intel Core i5.

Ingin membendung kejayaan Intel dengan beragam lini produknya, AMD telah mengumumkan sejumlah prosesor baru yang akan segera berbedar. Sebut saja Bulldozer, prosesor paling canggih untuk desktop itu siap hadir pada akhir 2010. Kemudian disusul dengan Lliano yang mewarisi 'kesaktian' keluarga Phenom 2, prosesor tersebut dijadwalkan hadir pada kuartal kedua 2011.

Nah untuk meramaikan prosesor di ranah notebook, AMD memiliki jagoan baru bernama Zacate. Ada 2 varian untuk produk tersebut, versi 18 watt untuk notebook dan versi lebih hemat daya 9 watt untuk netbook. Keduanya telah mengalami fabrikasi sebesar 40nm, membuatnya begitu kecil namun tetap bertenaga.

Dilansir Anandtech dan dikutip detiKINET, Selasa (14/9/2010), Zacate nantinya bakal terlahir dengan kartu grafis berbasis directX 11 di dalamnya. Tidak hanya menawarkan fitur terkini, berdasarkan pengujian yang dilakukan AMD performa produk tersebut berhasil melibas rivalnya, Intel HD Graphic yang ada di Core i5.

Belum ada spesifikasi resmi dari AMD mengenai Zacate, entah itu jumlah core yang bakal diusung, atau pun kecepatannya. Namun diperkirakan notebook yang menggunakan prosesor tersebut bakal dijual pada kisaran harga USD 500, atau sekitar Rp 4,5 juta.

(eno/wsh)