Tiga Juara iMulai Diharapkan 'Bersatu'

Tiga Juara iMulai Diharapkan 'Bersatu'

- detikInet
Selasa, 26 Feb 2008 16:00 WIB
Jakarta - Tiga juara kompetisi inovasi piranti lunak iMulai, yang digelar oleh Microsoft Indonesia dan Senada, memiliki proposal pengembangan piranti lunak yang saling terkait erat. Farid Ma'ruf, Senior Industry Advisor Senada, mengatakan, meski masing-masing independen, ketiganya diharapkan bisa bersinergi untuk mengembangkan industri di Indonesia.

"Ini memang kebetulan. Saat enam finalis dihadapkan pada panel, yang dapat (skor tertinggi) kebetulan semuanya ada kaitannya dengan supply chain management (SCM)," tutur Farid dalam jumpa pers pengumuman pemenang iMulai di Crowne Plaza, Jakarta, Rabu (26/2/2008).

Salah satu pemenang, Yugo Goutomo dari PT Sentra Solusi Integrasi, akan mengembangkan piranti lunak untuk inventaris dalam industri manufaktur. Ini, ujar Farid, berada di posisi paling hulu dalam SCM.

Kemudian, Ahmad Rusdiansyah dari Laboratorium Logistik dan Supply Chain Management (LSCM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengembangkan sistem untuk melakukan konsolidasi pengiriman produk. Hal ini menurut Farid berada di sisi logistik dan delivery dari SCM.

Sedangkan di hilirnya adalah Andri Yadi dari PT Dycode yang akan mengembangkan piranti lunak manajemen pelabuhan. "Ketika barang akan dikirimkan, untuk pengapalannya dan ketika sampai di pelabuhan, tentu piranti lunak Portmap akan terkait di situ," ujar Farid.

Meski ketiganya bisa bekerjasama, Farid mengatakan belum tentu ketiganya akan dipaketkan dalam satu solusi ketika ditawarkan ke industri. Calon klien, paparnya, bisa jadi akan memiliki kebutuhan yang tidak mencakup semuanya.

Namun Farid mengatakan iMulai berencana membawa ketiga solusi ini ke pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh. Di skala pemerintahan, kerjasama tiga piranti lunak ini dianggap Farid bisa diterapkan lebih baik.

Selain itu, rencana membawa para pemenang ke Menkominfo diharapkan Farid bisa membantu para pemenang untuk mengembangkan produknya. "Karena, banyak yang terkait dengan regulasi," tukasnya.

Keterangan Foto: Tony Chen, Presiden Direktur Microsoft Indonesia menyerahkan dukungan piranti lunak dari Microsoft secara simbolik pada ketiga pemenang. Dari kiri ke kanan: Andri Yadi CEO Dycode; Ahmad Rusdiansyah dari Laboratorium LSCM ITS, dan Yugo Goutomo dari PT Sentra. Fotografer: wsh/inet.

(wsh/wsh)