Foxconn Kucurkan Rp 10,6 T Bangun Pabrik iPhone Baru di India

Foxconn Kucurkan Rp 10,6 T Bangun Pabrik iPhone Baru di India

ADVERTISEMENT

Foxconn Kucurkan Rp 10,6 T Bangun Pabrik iPhone Baru di India

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 06 Mar 2023 13:23 WIB
Foxconn, Hon Hai Precision
Foxconn Kucurkan Rp 10,6 T untuk Bangun Pabrik iPhone Baru di India Foto: Reuters
Jakarta -

Foxconn, salah satu mitra terbesar Apple dan produsen komponen iPhone, akan membuka pabrik baru di India. Perusahaan asal Taiwan ini akan menggelontorkan USD 700 juta atau sekitar Rp 10,6 triliun untuk mendanai proyek tersebut.

Menurut laporan Bloomberg, Foxconn akan membangun pabrik iPhone barunya di area seluas 121 hektar di dekat Bandara Internasional Kempegowda, Bengaluru.

Bengaluru, atau yang juga dikenal sebagai Bangalore, merupakan ibukota negara bagian Karnataka. Kota ini dikenal sebagai pusat teknologi dan engineering di India.

Beberapa petinggi pemerintah India sudah mengonfirmasi kabar ini, termasuk Wakil Menteri Teknologi India Rajeev Chandrasekhar lewat cuitannya di Twitter.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (6/3/2023) pabrik iPhone baru ini diperkirakan akan menciptakan 100.000 lapangan kerja baru di India. Sebagai perbandingan, pabrik iPhone terbesar di dunia di Zhengzhou, China mempekerjakan sekitar 200.000 karyawan saat ini.

Langkah ini akan menjadi salah satu investasi terbesar Foxconn di India. Foxconn sebelumnya sudah memiliki pabrik di Chennai, Tamil Nadu yang mulai memproduksi iPhone generasi terbaru sejak tahun lalu.

Rencana Foxconn untuk membangun pabrik baru di India mengikuti tren perusahaan teknologi lainnya yang mulai memindahkan produksinya ke luar China. Apple dan perusahaan teknologi AS lainnya bahkan meminta mitra pemasoknya untuk memindahkan produksi ke lokasi alternatif seperti Vietnam dan India.

Produksi iPhone di China memang sempat mengalami hambatan pada tahun 2022 karena lonjakan kasus COVID-19. Pabrik Foxconn di Zhengzhou bahkan sempat mengalami kerusuhan karena lockdown yang terlalu ketat, dan beberapa karyawan memilih meninggalkan pabrik.



Simak Video "Rencana Foxconn Bangun Pabrik iPhone Baru di India"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT