Solusi Tenang Pantau Usaha Saat Pergi Liburan

Solusi Tenang Pantau Usaha Saat Pergi Liburan

ADVERTISEMENT

Solusi Tenang Pantau Usaha Saat Pergi Liburan

Erika Dyah - detikInet
Rabu, 25 Jan 2023 10:07 WIB
Liburan Keluarga
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Menjalankan sebuah usaha bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan dedikasi tinggi untuk dapat mengelola usaha agar bisa bertahan, bahkan hingga tak mengenal batasan waktu.

Kendati demikian, work-life balance atau keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi penting untuk diperhatikan. Pemilik usaha pun berhak untuk mengambil beberapa hari waktu libur demi menjaga kondisi mental dan fisik dalam jangka panjang. Dengan meluangkan waktu healing atau jalan-jalan sebentar, pemilik usaha juga bisa kembali mengisi energi demi meningkatkan produktivitas lebih baik lagi.

Namun terkadang, pemilik usaha merasa khawatir untuk pergi berlibur karena harus meninggalkan usahanya. Pasalnya, mereka harus memantau operasional bisnis yang membutuhkan detail dan banyak perhatian. Kini, perkembangan teknologi, pengusaha zaman now bisa mencari solusi untuk menjalankan usaha dengan tenang berkat bantuan tools atau software yang bisa diandalkan.

Berbagai software bisnis dirancang khusus untuk mempermudah pemantauan perkembangan bisnis, serta memastikan aktivitas operasional tetap produktif di berbagai kondisi. Tak terkecuali saat ditinggal berlibur oleh pemiliknya.

Lantas, software bisnis seperti apa yang bisa mencapai kebutuhan terbaik bagi para pemilik usaha? Berikut daftar ulasannya.

1. Software yang Terintegrasi

Hadirnya software Enterprise Resource Planning (ERP) yang terintegrasi dapat memudahkan kebutuhan pelaku usaha yang memerlukan berbagai laporan untuk proses decision making dan strategi bisnisnya. Akan tetapi, banyak laporan mendasar seperti laporan laba rugi yang membutuhkan waktu lama untuk disiapkan. Sebab laporan ini terdiri dari data-data yang berasal dari berbagai bagian bisnis yang berbeda.

Hal ini tentunya memakan waktu lama untuk memprosesnya. Sehingga terkadang menunda rencana pemilik usaha untuk pergi berlibur atau healing sejenak. Namun, dengan hadirnya software ERP seperti Odoo, Anda bisa mengurangi agenda meeting dan meminimalisasi proses pembuatan laporan yang rumit karena setiap laporan dan data dari berbagai bagian bisnis sudah terkumpul dan tersusun rapi dalam satu software.

Pemilik bisnis pun bisa melihat semua laporan yang dibutuhkan dalam satu tampilan dashboard. Mulai dari data mengenai profit and loss, penjualan, biaya operasional, biaya karyawan, harga bahan baku, dan lain sebagainya.

2. Menyajikan Data Real Time

Software yang menyajikan data real time juga penting untuk memantau progres bisnis pelaku usaha. Dengan teknologi software ERP seperti Odoo, aktivitas dan transaksi bisnis apapun akan langsung tercatat dan memungkinkan laporan yang dirangkum dalam software terintegrasi ini selalu menampilkan data paling up-to-date. Pemilik usaha pun bisa memantau progres dan kinerja bisnis mereka walaupun sedang liburan, hanya dengan mengandalkan koneksi internet.

3. Customizable, Memungkinkan Penyesuaian Interface Laporan

Masing-masing perusahaan ataupun usaha biasanya memiliki kebutuhan dan preferensi tersendiri. Oleh karena itu, software bisnis yang customizable atau bisa disesuaikan jadi salah satu elemen krusial untuk perusahaan.

Saat perusahaan memiliki laporan dan data yang begitu banyak, sering kali laporan kurang diperhatikan karena susah untuk dimengerti. Penyesuaian yang dapat dilakukan pada interface dashboard laporan dapat memastikan laporan disajikan dalam format tepat. Sehingga membantu pemilik usaha memahami kinerja perusahaan dengan lebih efisien serta membantu pemilik usaha membaca dan memahami laporan dengan cepat.

Anda bisa memanfaatkan fleksibilitas Odoo Dashboard, software ERP yang memiliki kemampuan untuk customize interface dashboard dengan data real time. Apalagi, kini hadir fitur Dashboard versi Odoo 16 terbaru yang semakin interaktif karena integrasinya ke aplikasi spreadsheet dan fitur filternya yang semakin canggih.

OdooOdoo Foto: Odoo

4. Bisa Diakses Multi-Device

Compatibility software di berbagai device sangat dibutuhkan pemilik usaha untuk bisa bekerja dengan lebih fleksibel. Dengan kelebihannya yang bisa diakses multi-device, Software ERP Odoo bisa diakses di berbagai perangkat dan OS oleh pemilik usaha.

Baik itu tablet Android, smartphone Apple, ataupun laptop Linux. Pengusaha bisa akses perkembangan bisnisnya di mana saja meski sedang jalan-jalan sekalipun. Compatibility ini penting agar akses ke data tidak terhambat dan bisa dipantau kapan saja oleh pemilik usaha.

Nah, itu dia kriteria software bisnis yang baik untuk menunjang kinerja perusahaan dan membuat pemilik usaha tetap tenang. Software ERP Odoo memuat berbagai fitur pengolahan data dan pengoperasian perusahaan dengan terintegrasi, real-time dan fleksibel. Pengusaha bisnis pun bisa memanfaatkan kelebihan ini untuk bisa bekerja dengan lebih efisien dan waktu yang lebih fleksibel.

Dengan memanfaatkan software bisnis, para pelaku usaha tak hanya tenang saat pergi liburan. Tapi juga bisa menghasilkan reporting yang baik untuk melakukan pengambilan keputusan demi pengembangan bisnis ke depannya.

Hadir di 175 negara di seluruh dunia, lebih dari 7 juta pengguna serta 40+ mitra resmi di Indonesia telah bekerja sama dengan Odoo. Odoo juga berpengalaman menangani perusahaan besar baik lokal seperti Abuba Steak maupun di dunia seperti KPMG, Hyundai, Shell, dan masih banyak lagi.

Anda bisa melihat berbagai fitur unggulan yang ditawarkan Odoo dengan klik tautan ini. Jangan lupa kunjungi website www.odoo.com untuk informasi lengkap seputar software ERP ini.

(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT