GoTo Perkuat Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

GoTo Perkuat Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

ADVERTISEMENT

Year In Review 2022

GoTo Perkuat Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

Faidah Umu Sofuroh - detikInet
Minggu, 15 Jan 2023 13:35 WIB
GoTo
Foto: GoTo
Jakarta -

Dengan semangat mendorong kemajuan melalui pemanfaatan teknologi digital, GoTo melalui platform Gojek mempercepat transformasi digital bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan pilar penting dan tulang punggung perekonomian nasional.

Hadir sebagai mitra pertumbuhan terpercaya bagi seluruh mitra usaha dan mendorong transformasi digital secara menyeluruh, Gojek berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mengakselerasi pemanfaatan teknologi digital, dengan fokus pada tiga elemen, yakni akselerasi kompetensi SDM digital, meningkatkan literasi digital masyarakat serta mempercepat transformasi digital pada sektor ekonomi dan bisnis.

"Kami bangga dapat menjadi mitra strategis Kominfo dalam kolaborasi nyata untuk membantu meningkatkan literasi dan adopsi ekonomi digital secara berkelanjutan kepada ratusan ribu pelaku UMKM di Indonesia. Dengan terus berkolaborasi, kami berharap dapat mendukung program prioritas pemerintah dalam mempercepat transformasi digital Indonesia," ujar Chief Public Policy and Government Relations GoTo Shinto Nugroho.

Untuk mendorong transformasi digital UMKM, Gojek bersama Kemenkominfo bersinergi dalam menjalankan program UMKM Go Online Kominfo 2022. Salah satunya melalui pelatihan UMKM GoNusantara dengan target lebih dari 30.000 peserta di 2022. Selain itu ada juga pelatihan Training of Trainer (ToT) untuk fasilitator Kominfo, pelatihan dan fasilitasi onboarding ke ekosistem Gojek, dan materi edukasi Gojek untuk Learning Management System (LMS) Kominfo.

"Mendorong transformasi digital di berbagai lapisan masyarakat telah menjadi komitmen berkelanjutan Gojek serta ekosistem GoTo lainnya sejak awal, khususnya dengan mendorong UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Bersama jutaan mitra usaha di ekosistem kami, Gojek berkomitmen untuk menjadi mitra bertumbuh terbaik bagi pelaku UMKM lokal," tutur Shinto.

Sebelumnya, Gojek pun telah berkolaborasi dengan Kemenkominfo dan Siberkreasi dalam memberikan pelatihan dan edukasi keamanan digital kepada pelaku UMKM dan mitigasi risiko penipuan dari sisi peningkatan teknologi. Dengan pelatihan dan edukasi tersebut, diharapkan pelaku UMKM dapat lebih waspada terhadap berbagai modus penipuan.

Melalui program kolaborasi ini lebih dari 300.000 anggota komunitas dan masyarakat memperoleh edukasi mengenai literasi digital. Lebih jauh berdasarkan riset internal yang dilakukan kepada Mitra Usaha Gojek, 95% Mitra Usaha Gojek telah mengetahui dan memahami bagaimana cara untuk menjaga keamanan digital dalam berjualan secara online.

Sinergi bersama Kominfo ini merupakan bagian dari kinerja GoTo dalam mewujudkan UMKM yang kompeten dan berdaya saing dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Untuk itu, detikcom memberikan penghargaan Platform Digital Pendorong Ekonomi dalam detikcom Year In Review 2022.



Simak Video "Konferensi Maju Digital: Komitmen GoTo Dukung UMKM Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT