Produk Terlaris di Tokopedia Selama 2022, dari Popok hingga Sembako

Produk Terlaris di Tokopedia Selama 2022, dari Popok hingga Sembako

ADVERTISEMENT

Produk Terlaris di Tokopedia Selama 2022, dari Popok hingga Sembako

Inkana Izatifiqa R Putri - detikInet
Selasa, 10 Jan 2023 17:01 WIB
Dilayani Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia mencatat tingginya animo masyarakat dalam penggunaan aplikasi belanja online miliknya hingga membeberkan produk terlaris selama 2022. Beberapa produk mulai dari produk kesehatan hingga rumah tangga menjadi kategori terpopuler di Tokopedia.

"(Produk) rumah tangga, makanan dan minuman, kesehatan, elektronik dan fesyen menjadi kategori terpopuler. Pengiriman terjauh tercatat dari Lhokseumawe ke Jayapura untuk produk Kopi Gayo," jelas Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Selasa (10/1/2022).

Sepanjang 2022 Tokopedia juga menggencarkan inisiatif Hyperlocal yang didukung teknologi geo-tagging, antara lain Dilayani Tokopedia dan Tokopedia NOW!. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung peningkatan UMKM dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan melalui aplikasi belanja online.

Produk Terlaris di Tokopedia Selama 2022

Di tahun 2022 Tokopedia juga mencatat peningkatan transaksi lewat Dilayani Tokopedia sebesar 2,5 kali lipat. Beberapa produk seperti popok anak, sembako dan detergen menjadi produk paling banyak dibeli lewat Dilayani Tokopedia.

Sementara itu, beras, telur ayam, mie instan dan roti menjadi produk yang paling laris lewat Tokopedia NOW!

"Kami juga melihat penjual yang memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat," ungkapnya.

"Data internal kami mencatat pengguna yang memanfaatkan Tokopedia NOW! meningkat lebih dari 10 kali lipat," sambungnya.

Selain kebutuhan harian, masyarakat juga kerap memanfaatkan berbagai produk atau layanan di Tokopedia untuk kebutuhan lainnya, salah satunya layanan pembayaran pajak. Sepanjang 2022, penerimaan negara, PBB dan e-Samsat menjadi jenis pajak yang paling banyak dibayar lewat Tokopedia.

"Kami juga melihat penjualan voucher makanan di Tokopedia meningkat hingga 6,5 kali lipat. Peningkatan signifikan pun terjadi di penjualan tiket event sebesar lebih dari 15 kali lipat," jelas Ekhel.

Inovasi Tokopedia untuk Masyarakat Indonesia

Selama 2022, Tokopedia juga menghadirkan inovasi berdasarkan kebutuhan di era social-commerce, di mana masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil berbelanja dengan memanfaatkan kanal streaming video Tokopedia Play. "Pada 2022, kami mencatat transaksi live shopping di Tokopedia Play meningkat hingga 2,5 kali lipat," kata Ekhel.

Selain itu, Tokopedia Affiliate juga mempermudah masyarakat memperoleh pendapatan dengan merekomendasikan produk atau toko di Tokopedia melalui media sosial. Di tahun 2022 Tokopedia mencatat pengguna Tokopedia Affiliate meningkat lebih dari 11 kali lipat.

Dalam rangka meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi belanja online, kata Ekhel, Tokopedia menghadirkan fitur Dark mode yang membuat tampilan aplikasi lebih nyaman saat digunakan di tempat yang minim cahaya.

Tokopedia juga meluncurkan fitur Shared Shopping bagi para pengguna iOS yang bertujuan untuk memudahkan pengguna berbelanja bersama keluarga atau kerabat.

Pihaknya juga berkolaborasi dengan BRI menghadirkan layanan kartu kredit Tokopedia Card pada Juni 2022. Sementara pada Agustus 2022 Tokopedia menghadirkan layanan berlangganan PLUS by GoTo dengan berbagai keuntungan, seperti bebas ongkir tanpa kuota, diskon spesial dan akses prioritas ke promo-promo terbatas.



Simak Video "Tokopedia Affiliate Hadirkan Peluang Bagi Siapapun Jadi Influencer Berkomisi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT