Belum Puas, Elon Musk Kembali PHK 40 Karyawan Twitter

Belum Puas, Elon Musk Kembali PHK 40 Karyawan Twitter

ADVERTISEMENT

Belum Puas, Elon Musk Kembali PHK 40 Karyawan Twitter

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 07 Jan 2023 15:18 WIB
Jakarta -

Badai PHK di Twitter masih berlanjut meski mereka sudah kehilangan ribuan karyawan. Kabarnya perusahaan yang dimiliki Elon Musk itu baru saja memberhentikan 40 karyawan.

Menurut laporan The information, Twitter memecat 40 karyawan dari divisi data science dan engineering. Kabar itu dikonfirmasi oleh sumber yang familiar terhadap isu tersebut kepada Gizmodo.

Sumber tersebut menambahkan tim yang paling terdampak adalah product software engineering, monetization, dan advertising prediction, seperti dikutip dari Gizmodo, Sabtu (7/1/2023).

Tim advertising prediction bertugas menggunakan teknologi machine learning untuk menentukan cara terbaik untuk menargetkan iklan ke pengguna Twitter.

Tim ini juga ditugaskan untuk mengembangkan algoritma iklan. Menurut The Information, tanpa keahlian tersebut kemampuan Twitter untuk mengoptimalkan iklan dan meraup pendapatan bisa terancam.

Iklan sendiri merupakan bagian penting dari pendapatan Twitter, apalagi sejak dibeli oleh Elon Musk mereka justru ditinggal beberapa pengiklan besar. Perusahaan raksasa seperti General Motors dan United Airlines berhenti memasang iklan untuk sementara di Twitter karena khawatir soal moderasi platform.

Secara keseluruhan, pendapatan Twitter dari iklan di Amerika Serikat meleset hingga 80% dari perkiraan. Perusahaan berlogo burung itu bahkan harus mengoreksi proyeksi pendapatannya hingga beberapa kali.

Untuk mengatasi pemasukan dari iklan yang seret, Twitter mulai melakukan berbagai cara. Salah satunya dengan kembali mengizinkan iklan politik di Twitter, padahal iklan politik sudah dilarang sejak empat tahun yang lalu.

Twitter sendiri diperkirakan sudah kehilangan tiga perempat dari total 7.500 karyawannya. Pada akhir Desember 2022, seorang sumber yang familiar dengan internal perusahaan mengatakan Twitter saat ini memiliki sekitar 1.750 karyawan tetap dan sekitar 1.000 karyawan kontrak.

(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT