Sosok Bos China yang Paling Berkuasa di Tesla Setelah Elon Musk

Sosok Bos China yang Paling Berkuasa di Tesla Setelah Elon Musk

ADVERTISEMENT

Sosok Bos China yang Paling Berkuasa di Tesla Setelah Elon Musk

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 06 Jan 2023 10:15 WIB
Tom Zhu, tangan kanan Elon Musk
Tom Zhu, tangan kanan Elon Musk. Foto: Tom Zhu (VCG/Visual China Group/Getty Images)
Jakarta -

Elon Musk tentu saja sosok paling berkuasa dan paling dikenal di Tesla sebagai CEO dan pemegang sahamnya. Nah siapa sosok kedua paling berpengaruh di perusahaan mobil listrik itu? Jawabannya adalah Tom Zhu, bos Tesla untuk kawasan China.

Nah, Tom Zhu telah dipromosikan untuk mengawasi langsung pabrik perakitan Tesla. Gelar Vice President Tesla Zhu untuk China Raya tidak berubah dan bahwa dia juga tetap menjadi eksekutif paling senior Tesla yang mengendalikan penjualan di seluruh Asia

Langkah tersebut menjadikan Zhu eksekutif tertinggi di Tesla setelah Elon Musk. Dia mengawasi langsung pengiriman Tesla di semua pasar utamanya dan pengoperasian pusat produksi utamanya.

Penunjukan Zhu untuk peran global datang saat Musk telah terganggu oleh akuisisi Twitter dan dia didesak investor untuk fokus pada Tesla. Tesla mengatakan mengirimkan 405.278 kendaraan pada kuartal keempat, jauh di bawah perkiraan Wall Street.

Zhu sendiri berprestasi besar di China di mana penjualan Tesla pulih dengan cepat usai pandemi Corona. Tak menutup kemungkinan di masa mendatang, dia akan mendapat peran lebih besar lagi di Tesla. Bahkan tak menutup kemungkinan suatu saat nanti menjadi suksesor Elon Musk.

Seperti dikutip detikINET dari CNBC, Zhu lahir di China tapi saat ini memegang paspor Selandia Baru. Dia dikenal sebagai pekerja keras, bahkan tidur di kantor Tesla saat puncak pandemi Corona di China, agar operasional bisa tetap berjalan.

Tom Zhu dikenal sebagai manajer yang kalem, dengan potongan rambut pendek, menyukai jaket bulu dan tinggal di apartemen yang disubsidi pemerintah berjarak 10 menit berkendara dari Shanghai Gigafactory. Belum jelas apakah dia akan pindah setelah promosinya.



Simak Video "Alasan Saham Tesla Anjlok dan Kehilangan Rp 3,1 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT