Dukung BKSS, Tokopedia Raih Penghargaan Top Brand dari Kemenparekraf

Dukung BKSS, Tokopedia Raih Penghargaan Top Brand dari Kemenparekraf

ADVERTISEMENT

Dukung BKSS, Tokopedia Raih Penghargaan Top Brand dari Kemenparekraf

Dea Duta Aulia - detikInet
Kamis, 15 Des 2022 21:30 WIB
Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia meraih penghargaan sebagai Top Brand dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI). Penghargaan tersebut diraih karena Tokopedia mendukung program Beli Kreatif Sumatera Selatan (BKSS).

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan penghargaan tersebut merupakan wujud dari dukungan nyata Tokopedia untuk membantu para pelaku UMKM di era digital.

"Tokopedia terus berkolaborasi bersama para mitra strategis, dalam hal ini Kemenparekraf RI dan Pemprov Sumatera Selatan, demi mendukung UMKM lokal Sumsel untuk bangkit dan menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi," kata Astri dalam keterangan tertulis, Kamis (15/12/2022).

Ia mengatakan sepanjang 2022 ini, program Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang hadir di Tokopedia juga menjangkau sejumlah daerah yang ada di Indonesia seperti Jambi dan Riau di Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Lampung di Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Papua, Maluku, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Barat.

"Sebagai top brand BKSS, kami turut mendorong kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas, berkelanjutan, dan terdigitalisasi," kata Astri.

Khusus di Sumatera Selatan, ia menjelaskan pihaknya telah membantu 150 UMKM terutama binaan BKSS untuk masuk ranah digital. UMKM tersebut juga mendapatkan promosi melalui Tokopedia. Tak hanya itu, pihaknya juga memfasilitasi pendaftaran dan konsultasi nomor izin berusaha (NIB) kepada lebih dari 80 UMKM binaan BKSS yang telah melalui proses kurasi.

"Tokopedia juga menyediakan halaman eksklusif 'Beli Kreatif Sumatera Selatan', dan mengikutsertakan sekitar 300 produk UMKM Binaan BKSS pada aneka kampanye di aplikasi Tokopedia. Antara lain, INACRAFT, Women In Style, Tokopedia Play, dan Kumpulan Toko Pilihan. Bahkan, demi memberikan kesempatan yang sama untuk berkembang, Tokopedia juga melibatkan 2 UMKM BKSS pada Kampanye Live Shopping INACRAFT," jelasnya.

Ia menjelaskan antusiasme masyarakat dalam mendukung produk lokal juga cukup baik. Hal itu terlihat dari kenaikan transaksi produk UMKM lokal sebanyak hampir 2x lipat pada halaman Tokopedia khususnya kampanye BBI Sumsel periode September - November 2022. Tokopedia juga mencatat adanya kenaikan jumlah pembeli sebanyak 2x lipat di November 2022 dibandingkan September 2022.

"Tokopedia optimis lewat kolaborasi dalam program BKSS ini, dapat turut membantu para UMKM mengembangkan usahanya menjadi #YangLokalYangJuara sekaligus mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital," kata Astri.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno mengatakan penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi dari pemerintah kepada perusahaan yang telah mendukung pelaku UMKM BKSS.

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi Kemenparekraf RI kepada para Top Brands yang telah mendukung pelaku UMKM BKSS untuk berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Semoga program BKSS ini dapat semakin mendorong UMKM lokal tingkatkan kualitas produk demi perluas pasar," kata Sandiaga.

Hal senada diungkapkan oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru turut memberikan apresiasi kepada Tokopedia. Menurutnya, upaya yang dihadirkan Tokopedia bisa berdampak baik terhadap proses digitalisasi UMKM di Sumsel.

"Harapan kami, sinergi Tokopedia dan pemerintah Sumsel dapat terus terjalin demi membangkitkan semangat pelaku UMKM lokal dukung pemulihan ekonomi di Sumsel," tutupnya.

(akn/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT