Ancaman Resesi 2023 di Banyak Negara, Pengamat: Pasar Indonesia Besar!

Ancaman Resesi 2023 di Banyak Negara, Pengamat: Pasar Indonesia Besar!

ADVERTISEMENT

Ancaman Resesi 2023 di Banyak Negara, Pengamat: Pasar Indonesia Besar!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 08 Des 2022 15:30 WIB
Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM. Foto: Pegadaian
Jakarta -

Ancaman resesi 2023 menghadang sejumlah negara. Namun, pengamat beranggapan Indonesia adalah pasar yang besar dan potensial. Pengamat pun memberikan pendangannya soal pasar Indonesia yang memiliki populasi hingga 270 juta lebih.

Dalam peluncuran Hari Belanja Online (Harbolnas) 2022 oleh Asosiasi Ecommerce Indonesia (IDEA), Kamis (8/12/2022), pengamat Industri Yudo Anggoro, menyebutkan bahwa konsumen Indonesia pada dasarnya hanya perlu dipicu untuk bisa beralih menggunakan produk buatan lokal. Dengan membeli produk lokal, ini tentunya akan meningkatkan perekonomian dalam negeri.

"Konsumen Indonesia perlu di-trigger, salah satunya Harbolnas. Dengan diskon, cashback dan promo menarik, sehingga pada akhirnya orang bisa belanjain uangnya untuk produk lokal. Dengan Harbolnas, kalau dulu ke pasar masih keluar, sekarang bisa langsung online. Dengan begitu konsumsi daya lokal meningkat," ujarnya.

Yudo pun menjelaskan bahwa pemain untuk belanja online tidak berarti dipegang oleh perusahaan besar atau ecommerce saja. Para pemain UMKM juga memiliki potensi yang tak kalah besar. Asalkan, dua hal ini bisa terlaksana.

Yang pertama, kata Yudo, pelaku UMKM yang masih tradisional harus mendapatkan pelatihan dan pendampingan. Kedua, perlu didorongnya kemudahan melakukan transaksi.

"Populasi orang Indonesia itu besar dan itu pasar yang besar sekali. Yang bisa dilakukan UMKM adalah menyadari bahwa ada pasar yang besar yang perlu di-capture. Tentunya dengan strategi informasi, komunikasi yang baik dan pemasaran," tandasnya.



Simak Video "Aturan Lengkap Twitter soal Larangan Promosi Medsos Lain di Platform-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT