WhatsApp, Facebook, IG Fokus Dukung Bisnis dan UMKM Lokal di 2023

WhatsApp, Facebook, IG Fokus Dukung Bisnis dan UMKM Lokal di 2023

ADVERTISEMENT

WhatsApp, Facebook, IG Fokus Dukung Bisnis dan UMKM Lokal di 2023

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 07 Des 2022 12:47 WIB
Meta
Sambut Tahun 2023, Meta Fokus Dukung Bisnis dan UKM Lokal Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta -

Meta mengungkap sederet program dan inisiatif yang akan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2023. Lewat tiga anak usahanya - Facebook, WhatsApp, dan Instagram - Meta masih akan fokus mendukung bisnis dan UMKM lokal.

Country Director Meta di Indonesia Pieter Lydian mengatakan Meta akan membantu bisnis dari segala ukuran untuk masuk ke dunia digital demi menjangkau lebih banyak konsumen.

"Menggunakan kekuatan-kekuatan digital untuk membuka pasar baik di Indonesia dan seluruh dunia. Karena apa, platform kita itu lebar, platform kita itu besar sekali," kata Pieter dalam acara #MetaID2023 di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan WhatsApp sebagai bagian dari bisnis digital. Apalagi menurut data internal Meta, satu miliar pengguna chatting dengan akun bisnis di seluruh layanan WhatsApp setiap minggu.

Meta mengungkap tujuh dari 10 orang di Indonesia lebih suka chatting dengan bisnis ketimbang lewat telepon atau email. Selain itu, satu dari dua konsumen Indonesia diprediksi akan menggunakan business messaging untuk menghubungi bisnis setiap tiga minggu sekali.

MetaCountry Director Meta di Indonesia Pieter Lydian Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Karena itu, Meta dan WhatsApp sudah menyiapkan sejumlah fitur dan inisiatif untuk membantu bisnis dan UMKM di Indonesia pada tahun 2023, termasuk melanjutkan program yang sudah dilakukan pada tahun 2022.

Misalnya, program Pasar WhatsApp di mana Meta menggandeng 20 UKM Indonesia yang telah terkurasi dan menyelesaikan pelatihan WhatsApp Business untuk membuka pasar kaget.

Meta juga mengadakan inisiatif Meta Boost untuk meningkatkan keterampilan UKM dan membantu mereka terhubung dengan konsumennya. Perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini juga memberdayakan pebisnis perempuan lewat program #SheMeansBusiness.

"Untuk UMKM ini tiga program unggulan di luar program-program lain. Jadi ini terus akan kami lanjutkan support kita untuk teman-teman pelaku UMKM di seluruh Indonesia," kata Kepala Kebijakan Publik Meta di Indonesia Noudhy Valdryno dalam kesempatan yang sama.



Simak Video "Diduga Curi Data Pelanggan, Meta Gugat Developer WhatsApp KW"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT