Peringatan Menkominfo: Tech Winter is Coming

Peringatan Menkominfo: Tech Winter is Coming

ADVERTISEMENT

Peringatan Menkominfo: Tech Winter is Coming

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 01 Des 2022 21:00 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Virgina Maulita Putri/detikinet
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo Johnny G. Plate memperingatkan musim dingin atau tech winter juga akan dialami oleh pelaku industri digital, termasuk startup, di Indonesia.

"Tech winter is coming, tantangannya besar. Apa yang harus kita hadapi," kata Johnny dalam acara Forum Ekonomi Digital Kominfo V di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Johnny pun membagikan tiga imbauan bagi startup dan pelaku ekonomi digital jika ingin bertahan di kondisi ekonomi yang tidak menentu. Langkah pertama adalah dengan memprioritaskan produk buatan UMKM dalam negeri.

Menurut Johnny, produk UMKM merupakan salah satu kekuatan Indonesia. Untuk itu startup dan pelaku ekonomi digital harus berkomitmen terhadap barang produksi luar negeri jika ingin menghadapi musim dingin ekonomi.

Kedua, Johnny mengimbau startup untuk fokus pada model usaha yang lebih resilient atau ulet, terutama di tengah kondisi ekonomi yang goyah. Selain itu startup juga diminta memanfaatkan sumber pembiayaan yang ada dengan baik.

Terakhir, Johnny meminta kolaborasi dari banyak yang tergabung dalam ekosistem digital mulai dari pendiri startup, eksekutif, investor, inkubator, akselerator hingga pemerintah untuk menjaga ekosistem ekonomi digital yang lebih resilien.

"Pada saat COVID-19 sektor digital kita tumbuh double digit di mana situasi ekonomi yang lain-lain justru mengalami kontraksi. Pada saat terjadi tambahan faktor geopolitik perang marilah kita juga tunjukkan bahwa sektor digital memang resilien di dalam negeri," pungkasnya.



Simak Video "Nasdem Bantah Isu Johnny G. Plate Mundur dari Menkominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT