Data Center Area31 Beroperasi di Depok, Tawarkan Kapasitas 10 MW

Data Center Area31 Beroperasi di Depok, Tawarkan Kapasitas 10 MW

ADVERTISEMENT

Data Center Area31 Beroperasi di Depok, Tawarkan Kapasitas 10 MW

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 12 Okt 2022 12:15 WIB
Data center Area31
Foto: Dok. Area31
Jakarta -

Dunia Virtual Online (DVO) meresmikan operasional data center Area31-nya di Depok, setelah pada Agustus 2022 lalu melakukan Integration System Tes (IST) untuk menjajal keandalannya.

Dengan kapasitas yang tersedia saat ini, yakni total 4 Data Hall yang dapat menampung hingga 600 Rack, Area31 siap menerima pelanggan baru. Selain memasarkan layanannya secara retail, Area31 juga menargetkan untuk dapat memenuhi kebutuhan Layanan Datacenter bagi industri dengan kebutuhan Hyperscale.

Bersamaan dengan jadwal operasi penuhnya, Area31 mendapatkan sertifikasi Rated 3 Design oleh ANSI TIA 942.

Pada akhir Agustus 2022, Area31 telah melakukan Integration System Test (IST), yakni kegiatan pengetesan sistem mekanikal dan elektrikal untuk memastikan bahwa seluruh komponen utama dan cadangannya dapat berjalan dengan baik sehingga keandalan layanan dapat terjaga. Saat ini Area31 mengumumkan bahwa fasilitas Hyperscale Datacenter-nya telah beroperasi secara penuh dan siap menerima pelanggan baru.

Berlokasi strategis di Cimanggis, Jawa Barat, Indonesia, Area31 dapat ditempuh dengan waktu hanya 30-40 menit dari Jakarta Central Business District (CBD), sehingga dijanjikan cocok untuk Datacenter Facility utama maupun Disaster Recovery Center (DRC).

Data centernya menempati lahan seluas 20 ribu meter persegi, dan bisa mengakomodasi hingga 1.200 rak.

Pembangunannya sendiri dibagi menjadi dua fase, dengan fase pertama berisi 4 data hall berkapasitas total 600 rak. Area31 juga menawarkan solusi Teleport Facility, yakni alokasi lahan di area Rooftop gedung sebagai tempat Colocation Stasiun Bumi penyedia layanan VSAT.

Area31 juga di dukung oleh kapasitas listrik premium sebesar 10 Megawatt untuk jaminan ketersediaan layanan 99,99% bagi pelanggan.

Tidak hanya memasarkan layanan ke pasar retail melalui layanan Colocation 10U, 20U, hingga 45U, Area31 juga menyediakan solusi Data Hall seluas 425 m2 dengan kapasitas hingga 150 Rack bagi industri dengan kebutuhan Hyperscale Datacenter.

Layanan Data Hall dapat di-custom sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan hak istimewa "Naming Rights", dimana pelanggan dapat menempatkan nama perusahaan maupun merek dagang di Data Hall-nya.

Mereka pun akan menawarkan Interkoneksi dengan Indonesia Internet Exchange (IIX) secara cuma-cuma punya kapasitas hingga 2x100Gbps. Soal koneksi, saat ini mereka mempunyai lima diverse route Fiber Optic menuju IIX yang disediakan oleh beberapa Internet Service Provider (ISP).

"Kami saat ini tengah mempersiapkan kerjasama dengan Indonesia Internet Exchange (IIX) yang mana Signing Ceremony-nya akan dilakukan pada saat Grand Launching digelar," ujar Michael Alifen, President Director Area31, dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (12/10/2022).



Simak Video "Duh, Underpass Dewi Sartika Depok Malah Jadi Tempat Nongkrong"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT