Peringatan Winter is Coming, Menkominfo: Gegara Krisis Global

Peringatan Winter is Coming, Menkominfo: Gegara Krisis Global

ADVERTISEMENT

Peringatan Winter is Coming, Menkominfo: Gegara Krisis Global

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 07 Okt 2022 21:30 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Foto: Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Industri startup tengah menghadapi winter is coming, istilah yang menggambarkan situasi sulit, yang mana salah satu dampaknya terjadi badai PHK massal karyawan. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebutkan fenomena itu gara-gara krisis global.

Pandemi virus Corona (COVID-19) yang melanda dunia sejak dua tahun lalu, kini tengah dirasakan imbasnya, termasuk di jagat startup.

"Situasi geopolitik di Ukraina masih terus menghangat yang berdampak luas secara global di sektor perekonomian, bahkan di sektor lain juga," kata Menkominfo di Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Lebih lanjut, Johnny menuturkan, sekarang ini pula mengganggu rantai pasokan yang akibatnya industri, termasuk produksi chip.

"Terganggunya sektor keuangan ancaman inflasi bahkan hyper inflasi, sehingga negara-negara mengambil berbagai langkah-langkah dalam menghadapi hyper inflasi, potensi resesi, bahkan resesi ekonomi 2023," ucap dia.

Kendati begitu, Menkominfo mengungkapkan bahwa kondisi Indonesia terbilang cukup tangguh terhadap apa yang terjadi di global. Disampaikan Johnny, hal itu berdasarkan data-data makro yang menunjukkan Indonesia tangguh ketika diterpa pandemi COVID-19.

"Data-data makro menunjukkan kita cukup bagus dibanding banyak negara di dunia, tingkat inflasi cukup terkendali jauh di bawah rata-rata dunia di bulan September dibanding negara lain yang double digit," ungkap Menkominfo.

Di sisi lain, Menkominfo juga mengatakan kebijakan pemerintah menghadapi krisis yang terjadi dinilai tepat. Ia mencontohkan pembangunan infrastruktur fisik maupun digital secara luas di berbagai daerah di tanah air.

"Sehingga walaupun ada tantangan di tingkat global yang harus kita perhatikan dan waspadai. Kita harus tetap optimis, dengan berbagai cara melakukan mitigasi terhadap tantangan global ini. Dan potensi perkembangan sektor digital termasuk startup di Indonesia juga sangat memberika harapan yang besar," pungkasnya.



Simak Video "Di Balik Badai PHK Bisnis Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT