Payment Gateway Midtrans Bantu Pelaku Usaha Tingkatkan Performa Bisnis

Payment Gateway Midtrans Bantu Pelaku Usaha Tingkatkan Performa Bisnis

ADVERTISEMENT

Payment Gateway Midtrans Bantu Pelaku Usaha Tingkatkan Performa Bisnis

Yudistira Imandiar - detikInet
Kamis, 06 Okt 2022 18:50 WIB
Midtrans
Foto: Dok. Midtrans
Jakarta -

Penyedia layanan payment gateway bagian dari GoTo Financial, Midtrans berupaya mendorong pelaku usaha lokal untuk meningkatkan kapasitas bisnisnya. Midtrans menyediakan solusi layanan pembayaran untuk mendukung aktivitas bisnis online.

Head of Online Payments Strategy GoTo Financial Dea Deviana mengatakan seiring dengan tingginya minat berbelanja online, pelaku usaha mesti memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Salah satu caranya, yakni dengan menyediakan layanan pembayaran yang dapat diandalkan.

"Dalam 10 tahun hadirnya Midtrans di Indonesia, kami melihat secara dekat peran layanan pembayaran mendukung tumbuhnya usaha. Sepanjang 2021, nilai transaksi payment gateway Midtrans meningkat hingga 116% dibandingkan periode sebelumnya. Ini menandakan semakin tingginya kepercayaan konsumen bertransaksi di platform digital dan juga optimisme pelaku usaha terhadap layanan pembayaran digital yang mampu menghadirkan pengalaman belanja optimal untuk pelanggan," kata Dea dalam keterangan tertulis, Kamis (6/10/2022).

"Sebagai bagian dari GoTo Financial, kami berkomitmen mendorong peluang bisnis digital, sehingga dapat mendorong pertumbuhan perekonomian nasional," imbuhnya.

Payment gateway merupakan layanan elektronik yang menghubungkan penyedia layanan pembayaran seperti bank dengan merchant atau pelaku usaha. Sebagai payment gateway yang berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia, kata Dea, Midtrans menghadirkan metode pembayaran yang komprehensif untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha dan juga konsumen.

Dea menjabarkan ada beberapa hal yang dilakukan Midtrans untuk membantu pelaku usaha mengembangkan bisnisnya, antara lain.

1. Layanan Payment Gateway yang Mumpuni

Keandalan layanan pembayaran penting bagi seluruh pelaku usaha, mulai dari usaha kecil yang memiliki keterbatasan sumber daya hingga usaha besar yang memiliki kebutuhan melayani penjualan dalam volume tinggi. Terlebih di era digital saat ini ketika konsumen mengandalkan transaksi online dimanapun dan kapanpun dalam 24 jam sehari.

Adwin Rahmanto, Digital Marketing Manager Wearing Klamby yang merupakan salah satu mitra Midtrans, menyampaikan seiring bertumbuhnya aktivitas bisnis, layanan pembayaran yang dapat diandalkan menjadi kebutuhan utama.

"Sejak 2018 bisnis kami berjalan, kami dituntut untuk dapat melayani ribuan pesanan mulai dalam jumlah puluhan sampai ribuan pesanan dalam sehari. Banyaknya jumlah transaksi ini awalnya sangat menyulitkan kami dalam melayani pelanggan, bahkan pada beberapa kesempatan kami mendapatkan keluhan dari beberapa pelanggan yang kesulitan untuk melakukan pembayaran," ungkapnya.

"Sejak memutuskan untuk memilih Midtrans sebagai penyedia layanan payment gateway, pelanggan menjadi lebih mudah melakukan pembayaran online. Bahkan dalam salah satu waktu, 10 ribu stok kami dapat habis dalam waktu 30 menit tanpa adanya website down. Tak hanya itu, layanan after sales dari tim Midtrans juga memuaskan," lanjut Aldwin.

Halaman Selanjutnya: Layanan Pembayaran Efisien

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT